Imigrasi Periksa Izin TKA China di Abdya

Imigrasi Periksa Izin TKA China di Abdya

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Petugas dari kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh mendatangi perusahaan PT. Juya Aceh Mining (JAM) di Gampong Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (2/6/2021).

Kasi Inteldakim Imigrasi Kelas II Meulaboh, Iskandar Yus mengatakan, kedatangan mereka ke PT. JAM untuk melakukan pemeriksaan terkait izin kedatangan warga negara asing (WNA) di wilayah hukum Imigrasi Meulaboh.

"Jadi setelah kita periksa, semua WNA China ini izin tinggalnya bagus, 1 pemegang KITAS sebagai investor, dan dua orang lagi menggunakan VISA 2B11B," terangnya.

Kata Iskandar, dengan hasil pemeriksaan izin, maka TKA tersebut  dibolehkan untuk survey lapangan sebelum yang bersangkutan melakukan kontrak kerja dengan pihak perusahaan.

Selanjutnya Iskandar mengaku, kedatangan mereka untuk menertibkan pendatang dari luar negeri, serta sebagai upaya menindaklanjuti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah tentang penerapan Prokes covid-19.

"Izin tinggalnya tidak ada kendala dan tidak ada masalah tapi untuk bekerja belum boleh, belum ada izin kerja, harus urus izin kerja dulu di Kemenaker Jakarta," kata Iskandar.

Menurutnya, ketiga WNA China tersebut tidak diizin untuk melakukan pekerjaan, hal itu disebabkan karena investor dan ahli teknik tersebut belum mengurus izin kerja. Apabila WNA telah memperoleh izin kerja, maka TKA asing itu baru diizinkan untuk melakukan pekerjaan di PT. JAM Babahrot.

"Yang jelas mereka hanya sebatas survey dan melihat-lihat apa yang akan dikerjakan nanti jika yang bersangkutan kontrak kerja dengan perusahaan sesuai dengan keahliannya," pungkasnya.

Komentar

Loading...