Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Imigran Rohingya Meninggal di Lhokseumawe Dikuburkan  

Imigran Rohingya Meninggal di Lhokseumawe Dikuburkan  
Prosessi pemakaman Nur Halimah  imigran Rohingya yang meninggal dunia di shelter sementara BLK Lhokseumawe (Foto: Sirajul Munir/anteroaceh.com)

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Jasad Nur Halimah  imigran Rohingya yang meninggal dunia di shelter sementara BLK Lhokseumawe dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kuta Blang, Banda Sakti, Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Jasad wanita muda yang berusia 21 tahun itu sempat  semalaman disemayamkan di instalasi jenazah RSUD Cut Meutia Buket Rata hingga tadi pagi diangkut dengan ambulance ke lokasi pemakaman. Tiga saudara almarhumah ikut dalam prosesi pemakaman dan dijaga ketat pihak keamanan.

Hadir juga ketua Satgas penanganan Rohingya di Lhokseumawe, Ridwan Jalil , Danpos Ramil Muara Dua, Peltu Ilham Putra, pihak kepolisian , petuga UNHCR dan sejumlah relawan. Prosesi pemakaman berlangsung khidmat diakhiri dengn baca doa dan taburan bunga dari keluarga yang ditingga

Usai proses itu, pihak UNHCR  menolak memberikan komentar bahkan melarang wartawan untuk mewawancarai tiga saudara alhamrhumah, masing-masing adik kandungnya , Harsa Bibi, keponakan Minura dan Nurusan penokan laki-laki.

Mereka langsung dibawa dan dimasukkan ke dalam mobil UNHCR dan dibawa kembali ke shelter. Harsa Bibi sempat menangis saat meninggalkan pusara kakaknya itu.

Sementara itu juru bicara Satgas Penanganan Rohingya di Lhokseumawe, Marzuki  menjelaskan korban memiliki penyakit bawaan yaitu sesak nafas hingga meninggal dunia, dan pihaknya sudah melakukan upaya penanganan pengungsi sejak mereka tiba di Ujong Blang hingga saat ini.

“Saat ini masih ada empat orang yang dirawat di rumah sakit  dua laki-laki dan dua perempuan, mereka menderita tidak parah, malah satunya sudah diperbolehkan pulang,” kata Marzuki.

Dijelaskan juga, secara umum kondisi kesehatan pengungsi kurang baik, karena kelamaan berada di tengah laut.

Sebelumnya dikabarkan, Nur Halimah meninggal dunia di BLK Kandang pada Selasa kemarin petang sekitar pukul 18.30 WIB, sebelum sempat mendapat penanganan medis. Saat itu korban sempat ditemani saudaranya dalam kondisi terbaring di Velbed dekat kamar mandi.

Nur Halimah,  tiba di Ujong Blang pada Senin (7/9/2020) dini hari bersama 296 etnis Rohingya lainnya. Kabarnya mereka sempat berbulan-bulan terkatung-katung di laut hingga akhirnya tiba dipesisir pantai Lhokseumawe.

Komentar

Loading...