Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Cara Menggunakan Masker yang Benar

IDI Sarankan Masyarakat Cuci Masker Sebelum Digunakan

IDI Sarankan Masyarakat Cuci Masker Sebelum Digunakan
Ilustrasi penggunaan masker kain.

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh meminta masyarakat yang baru membeli atau mendapatkan masker agar dicuci terlebih dahulu dan memastikan masker itu bersih serta belum digunakan sebelumnya.

"Sebaiknya masker wajib dicuci setiap hari, maka masyarakat yang membeli masker kain atau mendapatkan masker kain lebih baik dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan,” ungkap Ketua IDI Aceh, Dr, dr. Syafrizal Rahman, MKes, SpOT saat dihubungi anteroaceh.com, Jum’at (10/4/2020).

Syafrizal mengatakan, meski secara teknis masker N95 dan masker bedah lebih efektif menyaring virus hingga 95 persen namun mengingat masker jenis ini mulai langka dipasaran dan hanya diperbolehkan digunakan oleh para medis masyarakat juga bisa menggunakan masker berbahan kain.

“Kondisi mendesak akibat virus Corona jadi masyarakat diperbolehkan memakai masker bahan kain karena  juga efektif menangkal virus hingga 51 persen,” ujarnya.

Disisi lain, kata Syafrizal kegunaan masker juga bisa menghambat tangan kita untuk tidak bersentuhan langsung dengan mulut.

“Sebaiknya setelah dipakai masker tidak diletakkan sembarangan, sehingga besar kemungkinan virus juga bisa pindah ke tempat yang kita letak itu, lebih baik langsung dicuci dan pastikan masker hanya dipakai untuk satu orang," pungkasnya.

Komentar

Loading...