Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Ibu Persit di Aceh Diajak Kreatif Isi Lahan Kosong

Ibu Persit di Aceh Diajak Kreatif Isi Lahan Kosong

JANTHO, ANTEROACEH.com - Para istri TNI yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana diharapkan tidak hanya dituntut setia mendampingi suami dalam mengemban tugas pertahanan negara juga dituntut kreatif mengisi keseharian, salah satunya memamfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

Pemamfaatan lahan kosong dengan menanam tanaman yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari bisa dijadikan modal tambahan untuk peningkatan ekonomi keluarga prajurit, sekaligus mendidik para istri TNI menjadi lebih mandiri.

Hal itu dikatakan Nyonya Yogi. Bahtiar ketua Persit Ranting 4 Secaba Cabang IX Rindam Iskandar Muda kepada wartawan saat mengunjungi kebun Palawija dan Obat-obatan herbal di area Secaba Rindam IM di Mata Ie, Aceh Besar, Sabtu pagi 16 Maret 2019.

"Istri TNI harus kreatif dan inovatif. Memamfaatkan lahan kosong menjadi kebun palawija seperti yang kita saksikan hari ini merupakan bukti bahwa kemandirian harus ada pada ibu-ibu Persit kita. Dan harus dicontoh oleh masyarakat. Mari kita mamfaatkan lahan yang kosong disekitar menjadi lebih berguna untuk keluarga dan masyarakat," ujar Nyonya Yogi.

Ia menjelaskan, saat ini ibu-ibu Persit Ranting 4 Secaba Cabang IX Rindam IM telah berhasil memamfaatkan lahan kebun menjadi lahan produktif. Lahan seluas 100x 60 meter disulap dengan berbagai tanaman sayur mayur, ada juga kolam ikan mas dan tanaman obat-obatan.

Selain itu, diarea Rindam tersebut lahan kosong juga dijadikan sarana olahraga seperti Lapangan Voli,rumah obat, Saung, kolam ikan lele menggunakan tong besar, ada juga tanaman Kangkung yang memamfaatkan botol bekas sebagai media tanam.

"Di sekeliling Satuan Pendidikan (Satdik) ini sendiri, telah ditanam tanaman Durian, mangga, jambu dan pohon Ketapang, bila dijaga dengan baik beberapa tahun ke depan membuahkan hasil dan bisa dinikmati oleh keluarga besar Rindam. Saya berharap kerja kreatif ini bisa ditiru oleh masyarakat dan ibu-ibu Persit lainnya,"tuturnya.

Komentar

Loading...