Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Hujan Gerimis Tak Menyurutkan Semangat Warga Abdya Nikmati Tulak Bala

Hujan Gerimis Tak Menyurutkan Semangat Warga Abdya Nikmati Tulak Bala

Blangpidie, Antero Aceh - Walaupun cuaca tidak mendung serta hujan gerimis dan air sungai yang sedikit keruh tak mengurangi semangat masyakat dari berbagai pelosok yang berdatangan dalam memperingati tradisi turun temurun masyarakat Aceh "Tulak Bala" atau sering dikenal dengan "Rabu Habeh".

Menurut amatan anteroaceh.com dilokasi Kreung Beukah Bendungan Susoh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pengunjung yang hadir tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, akan tetapi tradisi akhir bulan safar dalam kalender Hijriah tersebut juga ikut dinikamti oleh anak-anak remaja dan anak kecil.

Lia salah satu warga setempat mengatatakan, walaupun cuaca sedikit tidak mendukung, tak menyurut semangat dia dan keluarga kecilnya untuk bisa menikmati hari tulak bala.

"Saya dan keluarga sudah disini setelah ba'da shalat dhuzur sudah. walaupun hujan gerimis dan airnya agak keruh kami tetap menikmati tulak bala," katanya sembari teryum.

Menurut Lia, tradisi tulak bala bagi masyarakat Aceh merupakan rutinitas yang bisa dibilang seperti kewajiban, karena setiap tahunnya masyarakat Aceh selalu melaksnakannya.

"Tulak bala bagi kami sudah seperti suatu kewajiban bisa dibilang. Hanya saja tradisi turun temurun masyarakat Aceh sekarang ini tidak lagi dikakukan dengan cara ritual atau do'a bersama," jelasnya.

Ia menyimpulkan, bahwa tulak bala di zaman sekarang tidak lebih hanya sebatas berkumpul dengan keluarga atau makan dan sebatas piknik saja.

"Cuma tulak bala sekarang tidak lebih hanya makan bersama saja, tidak sama lagi pada masa nenek moyang kita dulu," jelasnya. (Yas)

Komentar

Loading...