Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

Heboh Awan Tebal di Meulaboh, BMKG Minta Masyarakat Tidak Panik Namun Tetap Waspada

Heboh Awan Tebal di Meulaboh, BMKG Minta Masyarakat Tidak Panik Namun Tetap Waspada

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meulaboh-Nagan Raya meminta masyarakat tidak perlu panik menyikapi fenomena alam berupa awan tebal raksasa berbentuk gelombang tsunami yang terjadi di Meulaboh, Senin (10/8/2020) pagi.

"Itu tadi termasuk fenomena awan Arcus yang memiliki gugusan rendah dan melintang. Awan ini sebenarnya ada dua jenis, yang pertama awannya berlandasan dan yang kedua bergulung atau bergelombang seperti yang tadi terjadi di Meulaboh," ucap prakirawan BMKG Nagan Raya, Rezky P Hartiwi saat dikonfirmasi anteroaceh.com.

Lebih lanjut ia mengatakan fenomena tersebut diperkirakan terjadi di wilayah Barat Selatan Aceh yang berlangsung cepat. Adapun efek awan tersebut pertama akan terjadi angin kencang kemudian disertai hujan deras, kilat atau petir dan bisa juga terjadi hujan es.

"Maka dari itu saya minta untuk masyarakat yang paling utama adalah jangan panik, tapi tetap harus waspada. Kalau bisa, jika sudah tahu awan seperti ini harus berlindung ke tempat yang aman, jauhi dari pohon-pohon yang tinggi, tempat yang mudah roboh, pokoknya cari tempat yang aman," tegas Rezky.

Ia mengingatkan untuk masyarakat segera mengamankan diri terlebih dahulu dan jika berada di laut juga sebaiknya mengamankan diri ke daratan terlebih dahulu.

"Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Di darat saja bahaya apalagi di laut. Kemudian saya juga minta kepada masyarakat jangan terlalu panik dan tidak menyangkutpautkan fenomena tersebut dengan hal-hal yang tidak-tidak karena kejadian ini tidak seperti itu," pungkas prakirawan BMKG. 

Komentar

Loading...