Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Hebat, 4 Siswi Aceh Utara Finalis Kompetisi Penelitian  Nasional

Hebat, 4 Siswi Aceh Utara Finalis Kompetisi Penelitian  Nasional

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Empat siswi dari dua SMA di Aceh Utara menjadi finalis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI)  2020 yang  akan digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 2-7 November mendatang.

Mereka adalah Siti Masta dan Muliati dari SMA Negeri 2 Langkahan dengan  penelitian Agresifitas Termites di Kawasan Bukit Tengkorak. Kemudian Khairul Amalia dan Dara Ismadana  dari SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon dengan penelitian Destilator Prototipe Ultraviolet Sebagai salah satu Upaya Pemanfaatan Sumber daya air laut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara T. Aznal Zahri kepada anteroaceh.com, Sabtu (31/10/2020) mengapresiasi atas capaian para siswi tersebut, karena mampu meraih prestasi hingga tingkat nasional.

“KoPSI kali ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh peserta. dan empat anak didik kita Alhamdulillah akan bersaing ditingkat nasional harapan besar hasil penelitian mereka bisa bermamfaat dan mengharumkan nama Aceh dan Aceh Utara khususnya di ajang tersebut,” jelas T Aznal.

Pihaknya bersama-sama pihak sekolah akan terus mendampingi para siswi untuk  mempersiapkan diri, gunakan strategi dan metode presentasi yang sistematis agar  bisa meyakinkan dewan juri demi hasil terbaik.

“Apalagi dua peserta dari SMA Negeri 1 Langkahan, yang nota bene  kategori  sekolah 3T (terpencil, terluar, terdepan), fasilitas sangat terbatas di perpustakan dan laboratorium, namun siswanya mampu masuk finalis KoPSI, ini luarbiasa,” ujarnya.

Disamping itu Aznal juga mengingatkan para finalis untuk tidak henti-hentinya ber inovasi dengan melakukan penelitian lainnya sehingga penelitian tersebut bisa bermanfaat langsung kepada masyarakat.

Sementara itu Kasi Manajemen GTK dan Mutu Kesiswaan Abdul Manan menyebutkan Jumlah Naskah Lomba yang masuk Seluruh Indonesia sebanyak 1.298 naskah, sedangkan jumlah yang masuk finalis Sebanyak 150 naskah, 8 diantaranya dari Propinsi Aceh, 2 naskah  penelitian dari Aceh Utara.

“Potensi siswa Aceh Utara yang besar ini harus menjadi perhatian bersama pihak sekolah dan Cabang Dinas. Harus terus  digali dan dikembangkan di Aceh Utara sehingga meningkatkan minat serta  apresiasi siswa terhadap riset, inovasi, dan daya cipta dalam IPTEK,” singkatnya.

Komentar

Loading...