Ilham Saputra Ditetapkan Jadi Ketua KPU Definitif

Ilham Saputra Ditetapkan Jadi Ketua KPU Definitif
Ilham Saputra. Foto: detik.com

JAKARTA, ANTEROACEH.com – Setelah sempat menjabat Plt Ketua KPU RI, akhirnya Ilham Saputra  terpilih sebagai Ketua KPU RI definitif dalam rapat pleno anggota KPU, Rabu (14/4/2021). 

Kursi Ketua KPU kosong setelah Arief Budiman dicopot oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Hari ini rapat pleno anggota KPU RI telah menyepakati Ilham Saputra sebagai Ketua KPU RI definitif, setelah sebelumnya menjabat Plt Ketua KPU RI sejak 15 Januari 2021," terang komisioner KPU, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Kesepakatan rapat pleno itu sesuai dengan amanah UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pada Pasal 10 ayat 5 disebutkan Ketua KPU, Ketua KPU Provinsi dan Ketua KPU Kabupaten/Kota dipilih dari dan oleh anggota KPU.

Dalam rapat itu juga disepakati penataan divisi. Arief Budiman yang sempat menjabat Ketua KPU kini menjadi Wakil Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum dan Rumah Tangga dan Logistik. Arief juga menjadi Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat & Litbang.

Berikut daftar lengkapnya:

Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum & Rumah Tangga dan Logistik:
Ketua : Pramono Ubaid Tanthowi
Wakil : Arief Budiman

Divisi Teknis
Ketua : Evi Novida Ginting Manik
Wakil : Hasyim Asy'ari

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih & Parmas
Ketua : I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
Wakil : Pramono Ubaid Tanthowi

Divisi SDM, Organisasi, Diklat & Litbang
Ketua : Arief Budiman
Wakil : Viryan

Divisi Data & Informasi
Ketua : Viryan
Wakil : Evi Novida Ginting Manik

Divisi Hukum & Pengawasan
Ketua : Hasyim Asy'ari
Wakil : I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

Profil Ketua KPU Ilham Saputra
Ilham dilahirkan di Jakarta pada 21 Mei 1976. Dia merupakan lulusan S1 Ilmu Politik Universitas Indonesia. 

Dia mengawali kariernya sebagai Program Officer Center for Electoral Reform 1999-2004 yang berfokus pada pelatihan KPU.

Kemudian ia menjabat sebagai Program Manager Aceh Development Fund 2005-2008, Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh merangkap anggota, 2008-2013 dan Project Manager Aceh Civil Spciety Task Force.

Selain itu, dia memiliki pengalaman organisasi saat menjadi Wakil Ketua Bidang Hikmah, Hukum dan Hubungan antar Lembaga Pemuda Muhammadiyah, 2006-2010; Anggota Majelis, Hukum, Kebijakan Publik, Hikmah dan HAM Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Aceh, 2016-2020 dan Anggota Asosiasi Ilmu Politik Indonesia, 2015.

Lalu ia menjadi Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh, 2008-2013 hingga akhirnya terpilih menjadi Komisioner KPU.

Saat menjadi komisioner KPU, Ilham pernah dinyatakan DKPP melakukan pelanggaran kode etik. Pelanggaran ini terkait dengan surat suara tercoblos dan pernyataan 'sampah' mengenai kesalahan input Situng KPU pada tahun 2019.

Komentar

Loading...