Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Harimau Sumatera yang Mati di Aceh Selatan Akibat Keracunan  

Harimau Sumatera yang Mati di Aceh Selatan Akibat Keracunan  

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang mati di Gampong Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan diduga mati akibat keracunan.

Hal itu diketahui setelah dilakukan nekropsi atau bedah bangkai yang dilakukan oleh tim medis Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banda Aceh.

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto, S.Hut, mengatakan, untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti, pihaknya akan menguji sampel hispatologi di laboratorium  PSSP Bogor dan sampel toxicology akan diuji di laboratorium Puslabfor Mabes Polri

"Namun, guna mengetahui kepastian penyebab kematian satwa dilindungi itu secara jelas, selanjutnya sampel hispatologi akan kita uji di laboratorium  PSSP Bogor dan Lab Patologi FKH Unsyiah serta sampel toxicology akan diuji di laboratorium Puslabfor Mabes Polri," ungkap Agus kepada anteroaceh.com, Selasa (30/6/2020).

Agus menjelaskan, adapun tim dokter hewan yang melakukan nekropsi terhadap harimau mati itu terdiri dari BKSDA Aceh, Drh. Rosa Rika Wahyuni, FKL Drh. Anhar Lubis dan Drh.Zulius, PKSL-FKH Unsyiah Drh. Arman Sayuti dan Drh. Riyan Ferdian.

"Kita juga akan terus akan terus berkoordinasi dengan pihak Polres Aceh Selatan,” tambahnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian harimau sumatera dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat alaminya

“Tidak memasang jerat ataupun racun yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi tersebut, karena akan dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan perundangan yang berlaku," pungkasnya.

Komentar

Loading...