Hari Ini, Pemkab Aceh Utara Khitan 1.600 Anak Fakir Miskin 

Hari Ini, Pemkab Aceh Utara Khitan 1.600 Anak Fakir Miskin 

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Kesehatan menggelar khitan massal bagi 1.650 anak-anak dari keluarga fakir dan miskin yang tersebar di seluruh kecamatan, pada Selasa (27/4/2021).

Khitan massal tersebut digelar secara serentak di 32 Puskesmas. Sedangkan khitan di Puskesmas Lhoksukon  dipantau langsung oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf akrab disapa Sidompeng

“Hari ini Pemkab  menggelar khitan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu, kategori fakir miskin, duafa dan untuk anak-anak yatim, jumlah nya banyak dan tersebar di seluruh Puskesmas,” kata Fauzi Yusuf.

Selain dilayani khitan gratis, anak-anak tersebut  juga dibekali sarung dan bantuan.  Direncanakan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun dan ke depan tidak hanya menyasar warga kurang mampu, anak-anak dari keluarga mampu juga akan didata untuk mendapatkan layanan sama.

“Secara teknis sunat masal ini digelar di Puskesmas untuk hari ini saja, namun ada beberapa Puskesmas harus khitan dua hari karena banyaknya anak-anak peserta khitan massa, seperti di Puskesmas Syamtalira Bayu,” terang Sidompeng.

Fauzi Yusuf menambahkan,  ini murni aksi sosial, termasuk memamfaatkan SDM para medis di Puskesmas untuk melakukan bakti sosial tanpa mengharap bayaran. “Ini adalah konsep membantu dengan cara bergotong royong, semakin banyak yang membantu, semakin banyak yang terbantu,” pungkasnya.

Komentar

Loading...