Harga Jual Gabah di Abdya Tembus Rp 5.100 Per Kilogram  

Harga Jual Gabah di Abdya Tembus Rp 5.100 Per Kilogram  
Foto: Proses panen padi di Aceh Barat Daya

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com –  Harga jual gabah di tingkat petani Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) khusunya di Kecamatan Manggeng, tembus Rp 5.000 hingga Rp 5.100 per kilogram. Membaiknya harga jual gabah tersebut sudah terjadi semenjak tiga hari terakhir.

"Dalam tiga hari ini, harga jual gabah semakin membaik, sekarang harga gabah Rp 5.000 per kilo. Bahkan sehari yang lalu saya menjual gabah dengan harga Rp 5.000 perkilogram kepada agen pengumpul," kata Syafari, salah seorang petani di Kecamatan Manggeng, Rabu (15/1/2020).

Syafari mengatakan, tingginya harga jual tersebut tergantung kepada kualitas gabahnya, bahkan ada yang menjual dengan harga Rp 5.100  perkilogram.

"Baru-baru ini saudara saya menjual dengan harga Rp 5.100 perkilogram, bervariasinya harga jual gabah ini tergantung pada kualitas padi yang dijual," jelasnya.

Sementara itu, Ismail, salah seorang pengumpul lokal membenarkan bahwa harga padi di tingkat petani dalam tiga hari kebelakang ini naik dari harga sebelumnnya.

"Ya tergantung kualitas padi, kalau misim hujan dan padinya masih hijau tentu harganya kita kira murah, tetapi kalau bagus bisa mencapai Rp 5.000 perkilonya," katanya singkat.

Komentar

Loading...