Harga Daging Meugang di Abdya Diprediksi Mencapai Rp.180 per Kilogram

Harga Daging Meugang di Abdya Diprediksi Mencapai Rp.180 per Kilogram
Penjual daging meugang di pasar Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie tahun 2020 lalu. Foto: Ilyas/anteroaceh.com

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Harga daging Meugang tahun 2021 di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diprediksi mencapai Rp.180 ribu per kilogram.

Hal itu disampaikan Kabid Peternakan Distanpan Abdya Laili Suheri saat di konfirmasi anteroaceh.com, Sabtu (10/4/2021). 

"Jadi kalau soal harga kami prediksi masih sama dengan hari meugang tahun lalu sekitar Rp.160 ribu hingga Rp.180 ribu per kilogram,” katanya.

Laili mengaku, persediaan daging meugang diperkirakan sudah cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat, dengan stok mencapai 244 ekor kerbau dan sapi.

“Alhamdulillah, persediaan kerbau jantan dan sapi jantan untuk meugang puasa ini mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat,” jelasnya.

Ia merinci persiapan daging itu berupa sapi jantan 56 ekor, kerbau jantan 174 ekor, kerbau betina tidak produktif 14 ekor dan 15.300 ekor unggas.

“Semua ternak kerbau, sapi dan unggas yang telah didaftarkan pada petugas peternakan itu akan disembelih pada hari meugang dan nantinya tersebar di seluruh desa, dalam sembilan kecamatan di Abdya,” katanya.

Ia mengaku, sebanyak 30 persen persedian ternak untuk hari meugang tersebut didatangkan dari luar Abdya, terutama kerbau dan sapi jantan berukuran besar.

Kemudian, pihaknya juga telah menurunkan tim ke lapangan untuk memeriksa kesehatan hewan ternak yang telah didaftarkan sehingga ternak yang potong hari meugang nanti terjamin kesehatannya.

“Tim kita mulai turun ke desa-desa. Mereka melakukan pemeriksaan kesehatan ternak yang akan dipotong besok, supaya daging yang dijual aman dikomsumsi masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Loading...