Isi Khutbah Jum’at

Haji Uma Ajak Jauhi Sifat Iri Dengki

Haji Uma Ajak Jauhi Sifat Iri Dengki
Haji Uma saat mengisi khutbah Jum'at di salah satu masjid di Aceh Utara.

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com -  Senator asal Aceh Haji Sudirman mengajak ummat Islam menjauh sifat iri dengki terhadap sesama.

Hal itu disampakan Haji Uma –sapaan akrab Haji Sudirman—saat mengisi khutbah Jum’at di masjid Amaliah, Buloh Raya Mancang, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Jum’at( 23/4/2021).

“Sebagai umat Islam kita harus menjauhi sifat iri dan dengki kepada orang lain  karena kekayaan orang lain belum tentu diberikan kepada kita, begitupun juga sebaliknya,” kata Haji Uma.

Ia mengajak para jemaah Jum’at untuk mensyukuri segala nikmat yang telah di berikan Allah SWT, meskipun hidup sederhana dan apa adanya.

“Dalam k’ehidupan ini terdapat sifat dan watak yang tak pernah puas atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT. Namun kekayaan hati, kebahagiaan dan kesehatan itu paling utama,” kata Haji Uma.

Dalam kesempatan itu ia juga mengajak ummat muslim meningkatkan keimanan, keikhlasan dan keyakinan.

“Karena dalam hidup ini semuanya milik Allah, sumbernya dari sana dengan demikian kita tidak merasa takabbur jika punya sesuatu dan tidak merasa sedih ketika tidak mendapatkan apa yang kita inginkan,” paparnya.

“Hakikatnya semua yang kita miliki di dunia ini milkul mamfaat bukan milkul haq, Artinya sebatas menggunakan bukan sebagai pemilik kekal,” tambahnya.

Mengakhiri khutbahnya Haji Uma mengajak seluruh jamaah untuk menjauhi perbuatan yang dilarang dalam ajaran Islam dan mendekat diri kepada Allah SWT.

“di bulan puasa ini kita bisa lebih baik dengan memperbanyak amal ibadah dan jangan lalai dengan dunia sehingga lupa dengan akhirat,“ tutupnya.

Komentar

Loading...