Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Gunakan APD lengkap, Tim SAR Evakuasi Seorang ABK Kapal Asing di Perairan Lhokseumawe

Gunakan APD lengkap, Tim SAR Evakuasi Seorang ABK Kapal Asing di Perairan Lhokseumawe
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan kepada ABK kapal asing sebelum dievakuasi ke ambulans untuk mencegah penyebaran Covid-19

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Tim Rescue Pos Siaga SAR Bireuen melakukan evakuasi medis terhadap seorang anak buah kapal tanker asing bernama Harry Canauay Taplac (49) warga Filipina, di perairan Lhokseumawe, Sabtu (12/12/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Budiono mengatakan Harry dievakuasi karena membutuhkan penanganan segera dengan keluhan sakit pada bagian perut, mengalami demam tinggi, kulit dan mata menguning serta merasakan dingin. 

"Awalnya pihak kapal Fujisan Maru berbendera Jepang tersebut merencanakan untuk meneruskan pelayaran ke Singapura dan melakukan evakuasi di sana, namun kemudian memutuskan untuk kembali ke Lhokseumawe karena korban membutuhkan penanganan secepatnya," ucap Budiono

Setelah berkoordinasi kembali dan ditentukan titik koordinatnya, Pada tanggal 12 Desember 2020 sekitar pukul 06.40 WIB, Basarnas Banda Aceh menurunkan Tim Rescue Pos Siaga SAR Bireuen beserta instansi terkait melakukan medevac dengan menggunakan TUG BOAT Krueng Geukuh.

Proses evakuasi dilakukan dengan menerapkan prosedur pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu mengenakan APD lengkap termasuk Hazmat. Sekitar pukul 08.40 WIB korban berhasil dievakuasi dan tiba di Pelabuhan PT Pelindo Lhokseumawe sekitar pukul 10.10 WIB.

Saat tiba di pelabuhan, petugas juga terlebih dahulu menyemprotkan disinfektan ke seluruh tubuh dan barang bawaan korban sebelum akhirnya di bawa masuk ke mobil ambulans. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan kepada tim yang melakukan evakuasi langsung terhadap korban di kapal.

"Korban sudah dirujuk ke rumah Sakit Cut Mutia untuk tindakan lebih lanjut," pungkas Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Budiono.

Komentar

Loading...