Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Geuchik dan Bendahara di Lhokseumawe Ditetapkan Tersangka Korupsi DD

Geuchik dan Bendahara di Lhokseumawe Ditetapkan Tersangka Korupsi DD

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Geuchik dan bendahara Gampong Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe ditetapkan sebagai tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi penggunaan dana desa tahun 2019 senilai Rp 360 juta.

MH (45) dan Es (31) ditetapkan sebagai tersangka pada 7 September lalu.  Saat ini telah ditahan jaksa  di tahanan Mapolres Lhokseumawe setelah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka pada Kamis (15/10/2020) sore.  

“keduanya sudah ditahan atas dugaan perkara korupsi dana desa,  hingga 20 hari ke depan,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Lhokseumawe, Dr Mukhlis melalui Kasi Intelijen Miftahuddin SH,  Jum’at (16/10/2020).

Pemeriksaan perkara dana desa tersebut berdasarkan laporan dari pihak inspektorat yang menemukan dana desa Ujong Pacu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sebesar Rp 360 juta.  

Sesuai ketentuan dana tersebut harus dikembalikan oleh kedua oknum ke kas desa maksimal 60 hari usai pemeriksaan pengawas internal.

“Oknum itu sempat mengembalikan dana itu ke kas desa sebanyak Rp 73 juta, namun 20 hari kemudian diambil kembali tanpa pertanggungjawaban yang jelas. Oleh sebab itu pada awal Agustus lalu kita melakukan penyelidikan perkara ini,” jelas Miftah.

Kemudian tambahnya, saat penyelidikan proses berlangsung jaksa juga meminta agar kedua oknum untuk mengembalikan dana yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Namun faktanya dana tersebut tidak mampu dikembalikan.

“Kedunya terpaksa kita tahan mengingat  dalam proses pemeriksaan ada keterangan yang saling bertentangan antara kedua tersangka. Kemudian agar tidak bisa menghilangkan alat bukti yang kita butuhkan,” katanya lagi.

Komentar

Loading...