Gelombang Mahasiswa

Gelombang Mahasiswa
Foto: Aksi mahasiswa menolak pengesahan sejumlah undang-undang

ANTEROACEH.com - Sejak dua hari terakhir ini gelombang mahasiswa diberbagai daerah di Indonesia terus terjadi.

Dua isu kursial diangkat sebagai bentuk perlawanan, sebut saja pelemahan KPK melalui Revisi Undang-undang KPK. Mahasiswa menganggap RUU kebut itu akan menjadi awal kematian lembaga pemberantasan Korupsi di Indonesia.

Tak hanya itu, disaat yang bersamaam Revisi Undang-Undang RKHUP juga digodok. Aneh memang karena mengingat jabatan anggota DPR yang membahas kedua revisi itu akan berakhir dalam hitungan hari.

Aksi besar-besaran mahasiswa yang menjelma menjadi gelombang massa itu memantik anarkis, pihak keamanan jadi agresif menangani mahasiswa yang menggasak mendekat ke gedung DPR.

Tak dianya mendapat penolakan yang begitu kentara, Presiden Joko Widodo meminta pengesahaan dua RUU kursial itu: KPK dan KHUP ditunda.

Presiden berharap langkah kecilnya itu mampu membuat arus pasang mahasiswa  mereda. Walau sebenarnya yang diinginkan mahasiswa bukan yang dilakukan Jokowi.

Jika ditelisik gelombang massa menolak kedua Rancangan Undang-undang tersebut tapi Jokowi hanya meminta DPR menunda pengesahaan kedua revisi Undang-undang dimaksud. entahlah 

Komentar

Loading...