Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Cegah Penyebaran Virus Corona

Gampong Blang Semprot Desinfektan ke Area Publik dan Rumah Warga

Gampong Blang Semprot Desinfektan ke Area Publik dan Rumah Warga
Penyemprotan desinfektan di Gampong Blang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Foto: Cut Islamanda

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Gampong Blang Mu, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara melakukan penyemprotan desinfektan ke area publik dan rumah-rumah warga, Sabtu (28/3/2020) guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Selain itu juga dibagikan masker dan sarung tangan kepada masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut melibatkan perangkat gampong dan Muspika Lhoksukon, yaitu Bhabinkamtibmas dari Koramil 08 Lhoksukon dan Polsek Lhoksukon, serta pihak Kecamatan Lhoksukon. 

"Sesuai dengan instruksi Gubernur Aceh agar setiap gampong melakukan penanganan Covid-19 dengan menggunakan dana desa. Namun, karena dana desa belum cair, kita antisipasi dulu dengan dana BUMG," ujar Iskandar, Geuchik Gampong Blang kepada ANTEROACEH.com di lokasi.

Untuk cairan desinfektan itu, kata Iskandar, pihaknya menggunakan campuran byclin, pembersih kamar mandi sejenis wipol dan pembersih lantai. Sementara untuk takaran campuran air sesuai yang disosialisasikan oleh Bhabinkamtibmas.

"Di Gampong Blang terdapat 380 KK dengan 1.400 jiwa. Total dana yang kita gunakan mencapai Rp 10 juta, itu sudah mencakup pembelian bahan desinfektan dan upah perangkat gampong yang bekerja melakukan penyemprotan. Selain itu, dana tersebut juga meliputi penyediaan masker dan sarung tangan yang kita bagikan bertahap kepada warga," ungkap Iskandar.

Iskandar menyebutkan, penyemprotan desinfektan akan dilakukan dua kali dalam sepekan.

"Ini penyemprotan desinfektan yang perdana, sasaran kita rumah-rumah warga, area publik seperti mushalla dan tempat usaha kecil warga meliputi warung, bengkel dan lainnya," ucapnya.

Meski telah disemprot desinfektan, lanjutnya, warga diharapkan tetap menjaga kebersihan diri dan keluarga. 

"Ini bukan membasmi virus corona, namun sebagai upaya pencegahan. Sesuai yang disosialisasikan Bhabinkamtibmas, warga diminta menyediakan air di ember yang ditempatkan di depan rumah masing-masing berikut sabun. Jadi, jika pulang dari bepergian, sebelum masuk rumah diminta mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan langsung rebahan atau menyentuh anak-anak, namun berganti pakaian dulu agar tidak menularkan kuman, sehingga keluarga senantiasa sehat," pungkas Iskandar.

Komentar

Loading...