Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Gaji Pegawai Kadin Aceh Di Bawah UMP?

Gaji Pegawai Kadin Aceh Di Bawah UMP?
Dokumen penerimaan gaji pegawai Kadin Aceh.

Banda Aceh - Meski Kadin Aceh adalah lembaga penentu besaran upah minimal Provinsi atau UMP, namun bertolakbelakang dengan gaji pekerjanya. "Gajinya di bawah standar yang disepakati kadin juga pemerintah provinsi," sebut Pengurus Kadin Aceh, Muhammad Mada.

Dari data terlihat gaji empat pegawai Kadin Aceh di bawah UMP, antara Rp 1.150.000 hingga Rp 1,5 juta per orang/bulan, ditambah uang makan Rp 10.000 per orang/hari.

Data amprahan gaji bulan Januari 2018 yang diterima empat pegawai kantor Kadin Aceh tersebut yaitu, Fahrial ST sebesar Rp 1,5 juta, Sri Andayani Rp 1,5 juta, Putri Rahma Santi Rp 1.250.000 dan Fauziah Rp 1.150.000.

"Sangat tidak manusiawi, sangat jauh dibawah standar UMP Aceh yang ditetapkan pemerintah dan harus dilaksanakan orang semua pihak yang memperkejakan orang disemua sektor," Ungkap Muhammad Mada.

Dokumen penerimaan uang makan pegawai Kadin Aceh

Dalam dokumen daerah tertera UMP Aceh tahun 2017 saja mencapai Rp 2,5 juta per bulan/orang. Dan pada 2018 UMP Aceh ditetapkan pemerintah naik menjadi sebesar Rp 2,7 juta per bulan/orang melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 67 Tahun 2017 yang ditanda tangani Irwandi Yusuf pada tanggal 7 November 2017.

Menurut Muhammad Mada, praktek pembayaran gaji dibawah UMP yang dilakukan Kadin terhadap karyawannya di kantor tersebut diduga sudah berlangsung lama, namun pegawai kadin tidak berani melaporkannya kepada pengurus kadin.

"Pegawai - pegawai Kadin ternyata takut melaporkan ini kepada pengurus, dan ini terungkap setelah pengurus menemukan dokumen penerimaan gaji para pegawai, sebut Muhammad Mada.

Apa yang terjadi terhadap pegawai Kadin ini perlu pengusutan lebih lanjut, Pemerintah tidak boleh tinggal diam dalam hal ini, ujar Muhammad Mada.

Komentar

Loading...