Fujifilm X-T4, Kamera Mirrorless yang Nyaris Sempurna

Fujifilm X-T4, Kamera Mirrorless yang Nyaris Sempurna

ANTEROACEH.com - Setelah resmi diluncurkan di tanah air pada bulan Februari lalu, Kamera mirrorless terbaru keluaran Fujifilm ini segera mengambil hati para pecinta vlog di nusantara, tak terkecuali juga para penghobi sinematik dan fotografi. Fujifilm X-T4 menggunakan 26 MP X-Trans BSI CMOS sensor yang sama dengan Fujifilm X-T3, serta prosesor gambar yang sama pula. Jendela bidik elektroniknya sama, masih dengan 3,69 juta dot, dan perbesaran 0,75x, namun, ada pula fitur eye-cup yang baru, dan ada opsi tambahan untuk memberikan kecepatan refresh yang lebih cepat.

Fujifilm X-T4 dirancang untuk fotografi dan videografi, dengan pembaruan yang menguntungkan keduanya. Dengan bodi yang tersegel dari gangguan cuaca, dan sakelar foto/video baru dapat ditemukan di atas kamera. Anda juga akan menemukan bahwa perekaman video berkecepatan tinggi telah diperbarui di versi terbaru ini, Fujifilm X-T4 dapat merekam video Full HD pada kerapatan 240fps.

3 Komponen Baru Fujifilm X-T4

  1. IBIS (In-Body Image Stabilization) sensor-shift unit stabilisasi gambar, 20% lebih ringan dan 30% lebih kecil dari unit X-H1, 5 sumbu, 6.5 stop (tergantung pada lensa yang digunakan).
  2. Unit rana baru, rana mekanis dengan kontinu 15fps - (tercepat dari mirrorless APS-C lainnya), aktuasi 300K, peningkatan daya tahan (naik dari 150K), serta 30% lebih silence.
  3. Baterai baru - NP-W235 - kapasitas 2200mAh - 500 jepretan, mode ekonomis 600 jepretan (baterai X-T3 saat ini berperingkat 1260mAh), dan anda bisa mendapatkan hingga 1450 frame dengan baterai grip opsional (menggunakan 3 baterai), atau 1700 frame dengan mode ekonomi. Anda dapat beralih antara mode pemotretan normal, boost dan hemat (dengan / tanpa pegangan baterai). Pengisian daya USB akan mengisi 3 baterai jika anda menggunakan grip baterai.

Hadir juga aksesori baterai grip vertikal baru - BG-XT4 - yang dapat menampung dua baterai, memberikan anda total 3 baterai. Ada aksesori pengisi baterai ganda USB-C baru, BC-W235 juga tersedia, ini memiliki koneksi USB. Ketika digunakan dengan pengisi daya 30W + memberikan waktu pengisian tercepat. Tanpa charger USB opsional, baterai diisi dalam kamera, dengan charger USB yang disediakan. Pengisian daya membutuhkan 3 jam pengisian melalui pengisi daya dinding, sementara pengisian daya jauh lebih lambat menggunakan komputer sebagai sumber listrik.

3 Peningkatan Utama Fujifilm X-T4

  1. Simulasi film. Eterna "bleach bypass" menciptakan kembali proses seperti pemrosesan film tua, dan dirancang untuk memberikan tampilan sinematik, dengan nada suara yang lebih keras, dan saturasi warna yang lebih sedikit.
  2. Algoritma AF baru dengan kecepatan fokus secepat 0,02s. Perbaikan tambahan untuk deteksi wajah dan mata telah dilakukan pada firmware saat ini pada X-T3. Ditambah pelacakan subjek yang ditingkatkan pada subjek yang bergerak melintasi bingkai.
  3. Fungsionalitas FILM yang ditingkatkan. Video Full HD pada 240p, mode IS digital, mode IS boost, menu independen / film, menu Q terpisah untuk film, MP4 ditambahkan, rekaman cadangan (4K untuk kedua kartu memori), tampilan F-log membantu nilai yang mirip dengan BT.709, pengaturan jack mik (level mic atau line), silent kontrol untuk film (operasi layar sentuh). Menggunakan Digital IS berarti ada pemangkasan 1.1x saat merekam 4K 30p, atau pemangkasan 1.29x saat merekam 4K 60fps. 4K 60p memiliki crop 1,18x lebih dari 30p. Kamera merekam CINE4K, pada 60p, sebagai 4: 2: 0 10bit internal (4: 2: 2 eksternal). Dengan batas 29 menit untuk merekam video. 

Fujifilm X-T3 dan X-T4 berbagi sensor 26mp yang sama, yang merupakan sensor X-Trans, serta sensor BSI CMOS , dan dalam X-T3 ini memberikan kinerja warna dan noise yang sangat baik. Dan dengan banyaknya fitur yang hadir dalam tipe mirrorless kali ini, Fujifilm X-T4 nyaris di katakan sempurna, hasil foto dan video full HD khas sinematik perfileman memberikan banyak kemudahan bagi pengguna yang menyukai perekaman film atau sekedar untuk hobi fotografi dan vlogger.

Komentar

Loading...