Forja Sawe Sikula, Ajak Siswa Hidup Sehat Untuk Putuskan Mata Rantai Covid-19 

Forja Sawe Sikula, Ajak Siswa Hidup Sehat Untuk Putuskan Mata Rantai Covid-19 

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Forum Jurnalis Aceh Barat Daya (Forja) menggelar kegiatan sawe sikula. Sawe sikula merupkan Bahasa Aceh yang jika diartikan berkunjung ke sekolah.

Dalam kegiatan Forja Sawe Sikula yang berlangsung selama dua hari itu akan mendatangi sejumlah sekolah dalam Kabupaten Aceh abdya.

Sebagai pemateri Forja juga menggandeng Hasnidar dari Dinas Kesehatan Abdya yang mengupas pentingnya hidup bersih di tengah pandemi covid-19. 

Ketua Forja, Alman Safliandi mengatakan, hari pertama kegiatan sawe sikula diselenggarakan di SMPN 1 Tangan-tangan dan hari kedua dipusatkan di SDN 3 Mata Ie dan terakhir di SMPN 1 Kuala Batee.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari Covid-19, apalagi saat ini wabah virus corona masih terus menghantui kita," kata Alman, Jum'at (28/5)

Menurut Alman, semua pihak penting mengambil bagian dalam upaya memutuskan mata rantai covid-19, sebab, kata dia, wabah corona ini tidak memilih pada siapa dia akan terjangkit.

Dalam kegiatan itu, Forja juga membagikan masker dan buku tulis kepada para siswa.

“Acara ini kita laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes), serta kegiatan ini juga bentuk kepedulian kita untuk membantu pemerintah dalam upaya memutuskan mata rantai virus corona," pungkasnya.

Sementara pemateri, Husnidar menyebutkan, sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mengantisipasi potensi penyebaran covid-19.

"Pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan pendidikan penting, sebab wilayah pendidikan merupakan sarana yang paling dekat untuk mengedukasi generasi muda dalam hal kesehatan. Dari lingkungan pendidikanlah, generasi muda sehat dibentuk," pungkasnya.

Komentar

Loading...