Fachrul Razi: Asja Segera Terbentuk

Fachrul Razi: Asja Segera Terbentuk

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Anggota DPD RI H. Facrul Razi MIP meyakini Kabupaten Aceh Selatan Jaya (Asja) yang saat ini masih berstatus calon daerah otonomi baru (CDOB) akan segera terbentuk.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri peringatan maulid nabi besar Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh panitia CDOB Asja di panggung utama taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh, Minggu (12/1/2020).

"Perlu saya sampaikan perkembangan Asja sudah sampai ke meja Mendagri dan wakil presiden yang saat itu bapak Jusuf Kalla," ungkap Fachrul Razi mengawali sambutannya.

Ia menambahkan, Asja menjadi prioritas nomor satu untuk dimekarkan. "Kita DPD sudah mengusulkan sebanyak 173 CDOB dan ini menunggu persetujuan presiden, Insyaallah Asja menjadi prioritas dan berada diurutan satu," ujarnya disambut tepuk para undangan.

Menurutnya hingga saat ini Pemerintah pusat masih saja berasalan ketiadaan anggaran untuk melakukan pemekaran.

"Pemerintah menyebut butuh dan Rp. 300 miliar untuk memekarkan setiap kabupaten/kota baru. Alasannya pemerintah pusat tidak memiliki anggaran untuk itu," ujar Fachrul Razi.

Disisin lain Fachrul Razi mengatakan Asja merupakan satu-satunya kewedanaanyang belum dimekarkan.

"Asja menjadi satu-satunya kewedanaan yang belum menjadi Kabupaten/Kota semoga ini segera terwujud."

Ia menambahkan, Februari mendatang seluruh panitia CDOB akan diundang ke parlemen untuk memilih ketua CDOB agar bisa mendorong pembentukan kabupaten /kota baru.

"Mereka meminta dari Aceh Insyaallah doakan saya dipercaya untuk menyelesaikan masalah CDOB," ujarnya.

Ia kembali meminta doa agar bisa melakukan lobi-lobi agar bisa memperjuangkan amanah Abu Nek sebagai inisiator Asja.

"Mohon doa agar kami mampu melakukan lobi-lobi dan penyerahan berkas terbaru. Ini merupakan amanah guru dari guru kita Abu Nek dari Bakongan. Semoga Asja segera terbentuk dan bisa mengejar ketertinggalan," ungkapnya sekaligus menutup sambutannya.

Kegiatan turut dihadiri Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulis Malik Mahmud Al Haytar, Ketua Umum CDOB Waled Marhaban Adnan, Rektor Unsyiah Samsul Rizal, anggota DPRK Aceh Selatan Amiruddin, Teuku Bustami, Ridwan, Mirwan, Dailami dan Adi Samridha serta para Keuchik dan Camat.

CDOB Asja merupakan cikal bakal pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan yang meliputi 11 Kecamatan yakni: Pasieraja, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kluet Tengah, Kluet Timur, Bakongan, Kota Bahagia, Bakongan Timur, Trumon, Trumon Tengah dan Trumon Timur.

Komentar

Loading...