Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Erosi Krueng Babahrot Meluas, Ratusan Hektar Sawit Warga Terancam Amblas

Erosi Krueng Babahrot Meluas, Ratusan Hektar Sawit Warga Terancam Amblas

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Erosi Krueng Babahrot, di Gampong Blang Dalam, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) semakin meluas. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin, S,Pd mengatakan, saat ini setidaknya sekitar 10 hektar sawit warga sudah terbawa air.

"Ia benar, kita juga sudah turun ke lokasi, bahkan sekarang 10 hektar perkebunan masyarakat sudah terbawa air,  hal ini diperparah dengan curah hujan sejak sepekan kebelakang tinggi," ungkapnya saat ditemui anteroaceh.com, Kamis (3/12/2020) .

Menurutnya, dengan kondisi seperti sekarang, tidak menutup kemungkinan ratusan hektar kebun sawit yang berada di pinggir Krueng Babahrot itu terancam amblas ke dasar sungai.

"Laporan sekarang kita terima, lebih kurang ratusan hektar perkebunan warga terancam habis disapu air, ditambah lagi tanahnya gambut, sehingga dengan mudah mengakibatkan keretakan tebing dengan cepat meluas," kata Amir.

Untuk menangani erosi krueng Babahrot kata Amiruddin, membutuhkan anggaran yang sangat besar, sehingga jika tidak mampu ditangani dengan anggaran Kabupaten maka perlu melalui dana Provinsi atau Pusat.

"Kita perkirakan sekitar Rp 1 milyar lebih untuk menanggulangi erosi ini, karena bukan tanggap darurat, karena harus dibangun batu gajah, dan jumlah anggaran ini belum final tergantung pada perencanaan dari konsultan nanti," pungkasnya.

Komentar

Loading...