Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Empat Penambang Emas Ilegal di Nagan Raya Ditangkap Polisi 

Empat Penambang Emas Ilegal di Nagan Raya Ditangkap Polisi 

SUKA MAKMUE, ANTEROACEH.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Nagan Raya menangkap empat tersangka dugaan tindak pidana petambangan emas ilegal di Gampong Kila, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya, Kamis (22/10/2020) sekitar pukul 04.30 WIB.

Ketiga tersangka berasal dari Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya berinisial AM (47) dan SB (42) keduanya merupakan pemilik modal, serta SBA (51) pekerja mekanik. Kemudian satu tersangka lain juga pekerja operator Beko, HL (48) warga Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Risno melalui Kasat Reskrim AKP Fadhilla Aditya Pratama mengatakan pihaknya melakukan penangkapan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat setempat tentang adanya aktivitas pertambangan emas ilegal di daerah tersebut.

"Kemudian anggota Sat Reskrim mendatangi lokasi dengan jarak tempuh ke lokasi dari desa sekitar 3 jam perjalanan menggunakan roda empat ditambah 4 jam berjalan kaki," ungkap AKP Fadhilla Aditya Pratama dalam keterangan yang diperoleh anteroaceh.com

Kemudian lagi, dikatakan Fadhilla pihaknya menemukan satu unit barang bukti berupa alat berat excavator merk Hitachi warna oren di lokasi.

"Ketika ditanyai izin terkait aktivitas tersebut, ternyata mereka tidak bisa menunjukkannya dan disaat itu juga kita amankan empat orang yang diduga pekerja tambang emas ilegal tersebut," paparnya.

Selain alat berat, polisi juga menyita barang bukti lain berupa lembar ambal penyaring warna hijau, penyaring asbuk dan emas pasir lebih kurang 5 gram.

"Keempat tersangka telah kita bawa ke Polres Nagan Raya untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan terancam akan disanksikan pasal 158 UU No.4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba)," pungkas Kasat Reskrim Polres Nagan Raya, AKP Fadhilla Aditya Pratama.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...