Emak-emak di Abdya Datangi PT. Wings Food, Keluhkan  Debu di Jalan

Emak-emak di Abdya Datangi PT. Wings Food, Keluhkan  Debu di Jalan
Kondisi jalan berdebu yang dilalui truk pengangkut tanah untuk pembangunan PT. Wings Food di Kecamtan Setia, Abdya (Foto: Ilyas/anteroaceh.com)

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Sejumlah emak-emak Gampong Lhang, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendatangi lokasi pembangunan proyek PT. Wings Food, Minggu (13/6/2021).

Emak-emak ini mengeluhkan  aktivitas truk pengangkut tanah urug untuk pembangunan PT. Wings Food yang berceceran di badan jalan sehingga menimbulkan debu di sepanjang jalan daerah tersebut, bahkan sampai masuk ke rumah-rumah warga.

Seorang warga Kaswati mengatakan, sebenarnya masyarakat setempat mendukung pembangunan perusahaan PT. Wings Food, namun perusahaan juga harus menjaga kenyamanan masyarakat di sekitar.

"Seharusnya, pihak PT setelah melakukan aktivitas pengangkutan agar menyiram badan jalan supaya tidak berdebu, apalagi ini jalan nasional, tentunya selain kenyamanan warga bagi para pengendara juga menjadi masalah," ungkapnya, Minggu (13/6/2021).

Kaswati melanjutkan, beberapa hari terakhir ini kawasan lintas jalan nasional Kecamatan Setia sangat pekat dengan debu apalagi pada siang hari.

"Kalau ini terus dibiarkan, maka kemungkinan besar masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggir jalan ini akan terkena penyakit ispa akibat debu ini, dan itu jelas sudah sangat mengganggu kenyamanan kami yang berada di pinggir jalan," jelasnya.

Ia juga mendapatkan laporan, dampak dari debu yang ditimbulkan membuat sejumlah penjual gorengan dan kios lainya mengalami penurunan pembeli. Bahkan ada beberpa yang sudah tutup.

"Janganlah enak perusahaan masyarakat kecil yang selalu menderita, kami disini tempat mengadu nasib untuk makan sehari-hari, kalau dagangan kami tidak laku apa yang akan kami berikan untuk anak-anak kami dirumah, sedangkan nikmatnya semua sudah kalian ambil, maka dari itu saya mewakili  ibu-ibu yang hadir disini meminta pihak perusahaan agar menghentikan aktivitas truk angkut material tanah tersebut jika tidak mampu mengurangi polusi dengan cara menyiram badan jalan setiap saat," pungkasnya.

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...