Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Edukasi Peserta Membayar Iuran Melalui Telecollection

Edukasi Peserta Membayar Iuran Melalui Telecollection

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Untuk menjaga keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan rutin melakukan penagihan iuran melalui telepon atau yang dikenal dengan telecollecting. 

Telecollecting ada salah satu cara yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan menelpon langsung peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta Mandiri yang menunggak iuran JKN-KIS, tujuannya tak lain adalah untuk mengingatkan peserta JKN-KIS tentang kewajibannya dalam membayar iuran.

Melalui kegiatan telecolleting BPJS Kesehatan selalu mengingatkan kepada peserta akan pentingnya konsep gotong royong yang menjadi landasan lahirnya Program JKN-KIS yang mampu menolong yang kurang mampu dan sehat membantu yang sakit. Dengan demikian, keberlangsungan Program JKN-KIS dapat terus berlanjut dengan lancarnya peserta membayarkan iurannya

“Melalui telecollecting, kami mencoba memberikan edukasi kepada peserta tentang nilai pentingnya menjadi peserta JKN-KIS dan membayar iuran tepat waktu,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Mahfud kepada Tim Jamkesnews pada Selasa (29/12/2020).

Adanya kegiatan telecollecting ini dikarenakan masih adanya sebagian masyarakat yang belum memahami konsep gotong royong, ada peserta yang ketika sakit baru membayar iuran, padahal dengan rutin membayar tiap bulannya, maka selain ia telah membantu sesama, ia juga akan terhindar denda pelayanan jika masuk ke rumah sakit. 

“Dalam aktivitasnya, petugas telecollecting juga mengedukasi bahwa pembayaran iuran dapat dilakukan tanpa harus keluar rumah, yakni melalui aplikasi autodebit Mobile Cash yang telah tersedia di aplikasi Mobile JKN atau melalui mobile banking, internet banking, Tokopedia, Shopee dan kanal lainnya tanpa harus ke loket-loket pembayaran konvensional,” tambah Mahfud.

Salah satu peserta PBPU, Nasrullah (33) ketika dihubungi oleh petugas telecollecting mengaku berterima kasih karena telah diingatkan untuk melaksanakan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Menurut saya dengan adanya kegiatan telecollecting oleh BPJS Kesehatan, menjadi salah satu teguran kecil bagi saya untuk dapat melaksanakan kewajiban dalam membayar iuran JKN-KIS tepat waktu. Beberapa bulan ini memang saya sangat sibuk dengan pekerjaan saya sehingga agak terkendala untuk melaksanakan kewajiban saya sebagai peserta JKN-KIS, jadi saya sangat berterima kasih karena telah diingatkan. Selain itu juga petugas memberikan edukasi terkait hak dan kewajiban sebagai peserta serta alur layanan jik akan memanfaatkan JKN-KIS,” tutup Nasrul.

Komentar

Loading...