Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

E-Claim Primer, Aplikasi BPJS Kesehatan Permudah Proses Klaim Non Kapitasi Oleh Puskesmas

E-Claim Primer, Aplikasi BPJS Kesehatan Permudah Proses Klaim Non Kapitasi Oleh Puskesmas

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Di tahun ke-6 penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus mengembangkan sistem aplikasi guna memudahkan peserta JKN-KIS maupun fasilitas kesehatan mitra dalam menjangkau BPJS Kesehatan.

Kini, BPJS Kesehatan telah melakukan pengembangan sistem aplikasi yang disebut E-Claim Primer untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Perlu diketahui, E-Claim Primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta secara digital.

Sehingga nantinya diharapkan akan mempercepat proses verifikasi dan memastikan pembayaran pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien, serta meningkatkan akuntabilitas. E- Claim dapat mempercepat verifikasi klaim FKTP sehingga klaim dapat dibayar lebih cepat sehingga dengan ketersediaan biaya di FKTP akan menjamin keberlangsungan operasional dan menjamin mutu layanan.

“Hal yang melatarbelakangi adanya E-Claim adalah karena banyaknya keluhan dan pengajuan berkas dari peserta JKN KIS tentang pelayanan FKTP, Ini juga menyebabkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Fasilitas Kesehatan (Faskes) menurun. E-Claim Primer ini diharapkan menjadi solusi permasalahan tersebut. Pengajuan klaim melalui E- Claim dapat membangun trust antara BPJS Kesehatan dan FKTP " ujar Teuku Mirza selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi E-Claim Primer Kabupaten Aceh Selatan pada Selasa (28/7/2020)

Ia menambahkan, walaupun belum berjalan sebagaimana yang diharapkan, namun BPJS Kesehatan optimis apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan E-Claim Primer ini akan terlaksana segera.

“Dukungan dan komitmen yang tinggi dari Dinas Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan akan membantu pelaksanaan program ini berjalan dengan baik,” ujar Teuku Mirza.

Sementara itu Adli Yuzar, Kepala Seksi SDM dan JKN Dinas Kesehatan Aceh Selatan, yang dalam kesempatan ini mewakili Puskesmas mengungkapkan bahwa pihaknya merasa sangat terbantu dengan hadirnya produk digitalisasi terbaru dari BPJS Kesehatan yaitu E-Claim ini.

“Sejak diluncurkan pada 2019 lalu, E-Claim BPJS Kesehatan memiliki fitur-fitur yang memudahkan Puskesmas dalam bekerja. Salah satu fitur yang sangat kami rasakan manfaatnya adalah FKTP dapat melihat catatan riwayat pelayanan peserta secara digital, dan jika suatu saat kami memerlukan catatan tersebut kami cukup membuka E-Claim saja”, terang Adli.

Komentar

Loading...