Dukung Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi dengan TKMKB   

Dukung Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi dengan TKMKB   

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Dalam rangka mendukung keberlangsungan program JKN-KIS, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memperkuat sinergi dengan Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (TKMKB).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Aswalmi Gusmita mengatakan, program JKN-KIS memerlukan upaya kendali mutu dan biaya yang didukung oleh lembaga independen yang kuat untuk memantau pelayanan pada peserta JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan tidak dapat berjalan sendiri. Kami membutuhkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Termasuk para pemangku kepentingan, yang didalamnya juga terdapat para profesional yang terkait, untuk meningkatkan kualitas layanan dan menjaga kesinambungan Program JKN-KIS ini,” ujar Aswalmi Gusmita dalam kegiatan pertemuan Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (TKMKB) Semester I 2021 pada Rabu (20/4/2021).

Mita memaparkan beberapa data utilisasi baik ditingkat pelayanan primer maupun pelayanan rujukan yang perlu menjadi perhatian bagi TKMKB dalam menjalankan fungsinya.

Ketua TKMKB, Cabang Tapaktuan Mauyana mengungkapkan bahwa TKMKB adalah sebagai jembatan antara BPJS Kesehatan sebagai penjamin dengan fasilitas Kesehatan sebagai pemberi layanan.

“Kualitas pelayanan medik yang diberikan oleh pemberi layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) haruslah seimbang dengan apa yang dibayarkan dan sesuai dengan regulasi-regulasi yang ada, inilah yang disebut dengan kendali mutu dan kendali biaya,” terang Mauyana.

Dalam kegiatan itu juga disusun Plan of Action (POA) rencana jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh TKMKB dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. 

Salah satu bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah melaksanakan supervisi kepada FKTP dengan capaian indikator kemampuan layanan yang belum tercapai seperti angka rujukan non-spesialistik yang tinggi serta supervisi kepada FKRTL di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan sesuai dengan urgensinya masing-masing.

“Program JKN-KIS ini bukan hanya milik BPJS Kesehatan. Program JKN ini milik kita bersama. Keberlangsungan atas program ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama,” tutup Mauyana. 

Komentar

Loading...