Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dua Nakes di Aceh Selatan Sempat Dirawat Usai Divaksin

Dua Nakes di Aceh Selatan Sempat Dirawat Usai Divaksin
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita. Foto: Zasrial Ujang

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Dua tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Aceh Selatan mengalami Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) bahkan sempat dirawat.

Nakes yang dirawat adalah Mery perawat Puskemas Sibadeh dan Laila tenaga kesehatan Puskesmas Tapaktuan.

“Dia (Mery) memang memilik riwayat asma, jadi pasca vaksin sempat sesak, dirawat di Pukesmas dan kemudian dirujuk ke RSUD dr Yulidin Away, Tapaktuan,” jelas Plt. Kepala Dinas Kesehatan. Aceh Selatan, Novi Rosmita kepada anteroaceh.com, Rabu (17/2/2021).

Novi menjelaskan saat ini kondisi Mery sudah membaik dan dalam rawatan medis.

Sementara Laila yang juga mengalami KIPI juga sempat dirawat jalan di Puskesmas tempat ia bekerja dan diberi obat karena mengalami kebas usai vaksin.

Novi mengatakan kondisi tertentu usai vaksin memang normal terjadi bahkan bukan hanya pada vaksin corona saja hal serupa juga bisa terjadi usai penyuntikan vaksin lain seperti imunisasi dan lain-lain.

“Kejadian ini merupakan hal yang biasa pasca imunisasi, tidak hanya vaksinasi Covid-19, pada vaksinasi DPT dan BCG juga sering mengalami kondisi begitu,” katanya.

Dinkes, kata Novi telah memiliki Pokja KIPI yang di SK kan oleh Bupati untuk memantau kondisi pasien selama satu bulan usai divaksin.

“Kejadian ini telah dilaporkan langsung ke pusat dan Pemerintah Provinsi.”

Kadis menjelaskan hingga 16 Februari sebanyak 1.622 orang sudah divaksin dari target 2.438 dosis yang akan disuntikkan.

“Kalau persentasinya sudah mencapai 67 persen dari total itu ada 10 tokoh juga ikut divaksin selebihnya tenaga kesehatan,” papar Novi.

Novi menagatakan pihaknya tidak memaksakan setiap orang untuk dilakukan vaksin namun pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat untuk mau divaksin secara sdar dan sukarela.

“Hasilnya cukup memuaskan Aceh Selatan saat ini terbaik ke tiga di Aceh dalam hal vaksinasi,” pungkas Novi Romita.|| ZASRIAL UJANG

Komentar

Loading...