Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dua Hari Operasi Patuh Seulawah, Satlantas Polres Abdya Tilang Puluhan Pengendara  

Dua Hari Operasi Patuh Seulawah, Satlantas Polres Abdya Tilang Puluhan Pengendara  

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Dalam dua hari pelaksanaan operasi patuh Seulawah 2020, Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) sudah menilang puluhan pelanggar lalu lintas.

Pelanggaran yang ditilang pun beragam, seperti tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), tidak memiliki kelengkapan surat-surat berkendara, dan juga pengendara nakal yang melawan arus.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK melalui Kasat Lantas, Iptu Fitriadi, SH mengatakan, pada hari pertama pihaknya berhasil menilang sembilan pengendara roda dua.

"Kalau untuk hari ini, kita berhasil menilang 18 pelangaran yaitu 13 motor, mobil barang tiga dan mobil penumpang dua unit dengan rincian, helm enam, roda dua yang tidak lengkap surat-surat tujuh dan mobil tidak lengkap dua unit dan tidak memakai seftybel tiga," ungkapnya, Sabtu (25/7/2020).

Lebih lanjut Fitriadi menjelaskan, operasi Patuh Seulawah tahun 2020 tersebut akan dilaksanakan selama dua pekan kedepan dibeberapa lokasi dalam kabupaten Abdya.

"Operasi ini kita laksanakan mulai 23 Juli-5 Agustus 2020 mendatan, razia ini juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan bagi pengendara dijalan raya," jelasnya.

Ia menyebutkan, dalam operasi itu difokuskan pada sasaran awal bagi kendaraan roda dua yaitu yang tidak menggunakan helm, kemudian SIM dan STNK serta berbonceng tiga, tidak menggunakan helm berstandar SNI dan melawan arus.

“Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan enam sasaran awal kita adalah sabuk pengaman dan surat kelengkapan lainnya,” kata dia.

Menurut Fitriadi, tingkat kepatuhan bagi pengendara kendaraan saat ini jika dibandingkan dengan tahun lalu sudah meningkat.

“Kita berpatokan pada angka kecelakaan, dimana dalam tahun ini angka kecelakaan sudah mulai berkurang,” sebutnya.

Untuk besok hari Minggu besok pihaknya tidak melakukan operasi disatu titik akan tetapi melakukan razian dengan cara hanting alias patroli di jalan raya.

“Bagi siapa yang melanggar seperti melawan arus, tidak menggunakan helm serta tidak menggunakan seftybel maka itu yang kita ditilang,” pungkasnya.

Komentar

Loading...