Dua Destinasi Wisata Aceh Selatan Masuk Nominasi API 2021

Dua Destinasi Wisata Aceh Selatan Masuk Nominasi API 2021
Destinasi Wisata Kreatif, Anjungan Tapak Tuan Tapa

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Dua objek wisata di Aceh Selatan kembali masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.  

Sebelumnya tahun 2020 Aceh Selatan berhasil meraih dua nominasi API Award pertama Rencong Batu sebagai juara I kategori cinderamata terpopuler dan Surfing Samadua menduduki Juara III pada kategori wisata air terpopuler.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan Safril mengatakan tahun ini dua objek wisata yang masuk nominasi API adalah; Puncak Sigantang Sira katagori destinasi dataran tinggi terpopuler dan Anjungan Tapak Tuan Tapa kategori  destinasi kreatif.

Safril mengatakan dua destinasi baru itu memang tengah hits di Aceh Selatan.

Ia mengatakan Puncak Sigantang Sira berjaral 78 Kilometer dari Tapaktuan, objek wisata ini terletak perbatasan Kecamatan Trumon dan Trumon Tengah, lokasinya berada pinggir jalan nasional Tapaktuan - Medan dengan ketinggian 400 mdpl.

Objek wisata ini milik pribadi pengusaha Aceh Selatan, Abrar Muda. Menurut pemiliknya objek wisata Sigantang Sira menerapkan konsep agro eko eduwisata yakni pengembangan pariwisata berbasis aktivitas pertanian, memenuhi kaedah pelestarian lingkungan dan menjadi kawasan riset untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan tehnologi dan inovasi.

Hingga saat tempat wisata itu masih dalam proses pengembangan dan pembangunan namun sejumlah tokoh telah mengunjungi lokasi tersebut.

Destinasi wisata dataran tinggi, Puncak Sigantang Sira.

Kemudian, kata Safril objek wisata anjungan tapak tuan Tapa terletak dipusat Kota Tapaktuan. Angjungan itu merupakan spot wisata baru yang dibangun tahun 2020 lalu.

Anjungan itu dibangun untuk memudahkan para wisatawan menikmati penampakan tapak kaki raksasa tuan Tapa yang menjadi riwayat dari asal usul Kota Tapaktuan.

Dari atas anjungan para pengunjung dapat lebih mudah dan nyaman untuk menyaksikan posisi tapak serta pengunjung juga disuguhkan pemandangan alam dan laut yang sangat indah.

Safril mengajak seluruh masyarakat Aceh khususnya Aceh Selatan untuk melakukan vote kedua nominasi tersebut dengan cara;  API 10H kirim ke 99386 untuk nominasi Puncak Sigantang Sira dan ketik API 15A kirim ke 99386 untuk voting Anjungan Tapak Tuan Tapa. Vote mulai dihitung sejak tanggal 1 Juli sampai 31 Oktober 2021.

Komentar

Loading...