DPRK Aceh Selatan Umumkan Empat Fraksi

DPRK Aceh Selatan Umumkan Empat Fraksi

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan mengumumkan empat fraksi dalam rapat paripurna yang digelar, Kamis (7/11/2019).

Ketua DPRK Sementara Amiruddin mengatakan keempat fraksi itu terdiri dari dua fraksi penuh dan dua fraksi gabungan.

“Fraksi penuh yakni Fraksi PNA dan Fraksi Demokrat sedangkan gabungang Fraksi Partai Aceh dan Fraksi Pelangi,” terang Amiruddin saat dihubungi ANTEROACEH.com, Kamis malam.

Ia menjelaskan sebelum diumumkan, pembentukan fraksi tersebut telah melawati serangkaian proses termasuk lobi-lobi politik dalam pembentukannya.

Saat diusulakan ada tiga Fraksi yakni Fraksi Partai Aceh, Pelangi dan Indonesia Merdeka. Karena sesuai UUPA maupun PP Nomor 12 tahun 2018 Fraksi gabungan di DPRK hanya diperbolehkan dua maka dilakukan musyawarah mufakat.

Dalam proses musyawarah mufakat juga tidak ditemukan kata sepakat untuk mengerucutkan tiga menjadi dua fraksi sehingga pada saat itu diserahkan kepada anggota dewan yang hadir.

“Dalam kesempatan itu 19 anggota dewan setuju untuk melanjutkan pengambilan keputusan dengan cara voting sedang 5 anggota dewan menolak untuk dilakukan voting kita mengikuti suara terbanyak,” jelas Amiruddin.

Selain itu menurut Amiruddin selaku Pimpinan DPRK ia telah memberikan waktu yang cukup panjang untuk melakukan lobi-lobi dalam pembentukan fraksi.

“Kita sudah memberikan waktu untuk lobi-lobi politik,” bebernya.

Sementara itu paska diumumkannya Fraksi itu mendapat penolakan dari anggota dewan yang sebelumnya mengusulakan Fraksi Indonesia Merdeka. Adapun partai yang tergabung dalam Fraksi Indonesia Merdeka; PKPI (2 Kursi), Nasdem (3 Kursi) dan Golkar (1 Kursi).

Komentar

Loading...