Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

DPRK Abdya Sepakat Lahan Eks HGU PT. CA Dibagikan Kepada Masyarakat

DPRK Abdya Sepakat Lahan Eks HGU PT. CA Dibagikan Kepada Masyarakat
Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) dalam rapat bersama Forkompimkab Abdya dan instansi lainya terkait keberadaan Hak Guna Usaha (HGU) PT. CA (Foto: Ilyas/anteroaceh.com)

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) sudah menyepakati lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PT. CA yang berlokasi di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk dibagikan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRK Abdya, Nurdianto usai acara rapat Kerja dengan Forkompimkab Abdya terkait keberadaan Hak Guna Usaha (HGU) di kabupaten Abdya, yang berlangsung di Aula DPRK setempat, Senin (15/6/2020).

"Karena terjadi kekosongan hukum, maka kita DPRK Abdya berinisiatif tanah 1000 hektar eks HGU PT. CA  akan dibagikan kepada masyarakat Abdya," ungkap Nurdianto.

Nurdianto menjelaskan, pembagian lahan tersebut masih dalam tahapan wacana. Sebab, katanya, DPRK Abdya masih menunggu regulasi yang akan dibentuk oleh tim TORA pemerintah dengan tujuan mengetahui seperti apa kriteria penerima lahan eks PT. CA tersebut.

"Masyarakat yang akan menerima lahan Eks HGU PT. CA nantinya akan dilihat dulu dengan tidak mengenyampingkan aturan atau regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah setempat," sebutnya.

Nurdianto berharap, DPRK Abdya, Badan Pertanahan Negara (BPN), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Aktifis dan juga pemerintah yang terkait dengan pertanahan akan dilibatkan dalam pembentukan tim tersebut.

"Kalau masalah kendala pembagian sejauh ini kami melihat tidak ada, karena DPR sifatnya hanya memberikan dukungan saja. Jadi kendala mungkin ada di pihak pemerintah, karena mereka sebagai penanggungjawabnya," terang Nurdianto.

Sementara itu, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, SH mengatakan, semua proses administrasi akan ada pada tim TORA pemerintah Abdya. Sedangkan Bupati Abdya, katanya, hanya sebatas mengeluarkan SK siapa-siapa yang akan menerima lahan tersebut.

"Kita akan bagikan lahan itu kepada masyarakat seberapa kita mampu, dan kita mau penerima lahan itu masyarakat yang miskin," pungkas Akmal.

Pantauan anteroaceh.com, dalam acara tersebut turut hadir, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, SH, Sekda Abdya, Drs. Thamrin, Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, SIK, Kejari Abdya, Nilawati, SH. MH, Dandim 0110 Abdya, Letkol, CZi, Ridha Has, ST. MT.

Komentar

Loading...