Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

DJI Mavic Mini, Drone Kamera Sinematik HD Ultra Ringan

DJI Mavic Mini, Drone Kamera Sinematik HD Ultra Ringan

ANTEROACEH.com - DJI Mavic Mini bisa dikatakan sempurna sebagai drone pembawa kamera berkualitas tinggi dengan harganya yang tidak terlalu menguras kantong dan ini merupakan contoh lain penguasaan DJI terhadap pasar drone. Kali ini adalah model drone kecil yang dilengkapi kamera yang berkualita, ringan, cepat, mudah dikontrol, dan berukuran sangat kecil.

DJI Mavic Mini dapat merekam video dengan resolusi 2.7K yang luar biasa dan gambar berukuran 12MP yang mengesankan, sementara harganya tidak lebih dari harga kamera saku di pasaran, DJI Mavic Mini mungkin akan menarik minat anda bagi anda yang sedang mencari sebuah drone berukuran kecil.

DJI Mavic Mini hanya memiliki berat 249 gram saat terisi penuh dengan baterai dan kartu Micro SD 32GB (sudah termasuk dalam paket). Seperti saudara-saudaranya yang lebih tua, Mavic Air, Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom, Mavic Mini dapat dilipat untuk portabilitas yang mudah, baik disimpan di kantong celana atau dibawa di dalam tas kecil.

Faktanya, dengan panjang hanya 160mm, dengan lebar 202mm, dan tinggi 55mm, DJI Mavic Mini cukup kecil untuk disembunyikan di bawah iPhone 11. Namun, ketika lengannya direntangkan, jarak dari lengan ke lengan hampir sama dengan yang dimiliki Mavic Air.

Ukuran Mavic Mini nan mungil serta ringan juga cukup membantunya untuk bertahan ketika mengalami tabrakan atau jatuh. Tergantung pada jenis insiden, tetapi karena beratnya yang sangat ringan dan lengan depannya cukup fleksibel, maka secara teori DJI Mavic Mini lebih mudah selamat dari kecelakaan daripada drone yang berukuran lebih besar dan lebih berat.

Kinerja Kamera

Mengingat bahwa kamera disini bisa dibilang merupakan bagian terpenting dari sebuah drone (bukan tanpa alasan DJI menyebut ini sebagai Everyday Fly Cam), maka patutlah dikatakan model DJI kali ini sebagai pilihan terbaik. Memang, saat ini tidak mendukung beberapa pilihan profil gambar dan video dari jenis Mavics yang lebih besar, tetapi pengaturan gambar standar DJI Mavic Mini sangat baik.

Mavic Mini dapat merekam video HD beresolusi 1080p dengan 60 frame per detik, hasil super tajam di ukuran 2.7K dengan 30fps. DJI Mavic Mini belum bisa mengambil video dengan resolusi 4K namun hal tersebut tidak menjadi penghalang karena ukuran 2.7K sudah sangat cukup baik untuk monitor komputer rata-rata dan tentu saja bagi tablet atau ponsel.

Selain itu, file 4K bisa berukuran sangat besar (hingga beberapa gigabyte untuk setiap klipnya), resolusi 4K cenderung mengambil lebih banyak ruang penyimpanan dan membuat pengeditan video harus dilakukan di komputer khusus karena komputer biasa tidak akan mampu mengedit video dengan ukuran besar 4K.

Bagi anda yang menyukai fotografi, pemotretan via kamera DJI Mavic Mini dengan resolusi gambar 12MP sangat memuaskan dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Seperti yang diharapkan, dengan dukungan gimbal tiga sumbu mekanis memastikan semua hasil video dan foto benar-benar solid dan tetap tajam tidak peduli seberapa besar getaran dan goyangan drone itu terlihat saat terbang, bahkan ketika berjuang melawan angin yang kencang.

Kinerja Terbang

Meskipun dimensinya kecil, Mavic Mini sangat stabil dalam penerbangan dan sangat cepat serta gesit saat dialihkan ke mode Sport. Mungkin ukuran kecil akan sulit bertahan dalam angin, tetapi GPS-nya yang andal memastikannya tetap diam selama jari jemari anda terlepas dari stick kontrol. Tidak ada masalah apa pun dengan kualitas streaming video ke ponsel. Semuanya bekerja dengan baik. Mavic Mini akan dengan senang hati terbang hingga 30 menit dengan sekali pengisian daya dan menawarkan jarak transmisi sejauh 4 km.

Aplikasi DJI Mavic Mini

Dengan aplikasi DJI Fly baru dibuat khusus untuk Mavic Mini. UI akan mudah ditangani dan tidak terlihat berantakan dengan terlalu banyaknya submenu. Pemasangan sangat mudah begitupun dengan updatenya.

Meskipun aplikasi ini tidak menyediakan pengaturan profil video khusus seperti D-Log (profil datar, desaturasi yang cocok untuk koreksi warna yang efisien selama pengeditan), gambar standar dan pengaturan video yang ada cukup baik untuk sebagian besar pengguna dan anda bisa selalu dapat beralih ke mode manual untuk pengaturan lebih lanjut seperti kecepatan rana dan ISO. 

Seperti model Mavic lainnya, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk mengubah parameter penerbangan seperti ketinggian dan jarak maksimal, ketinggian minimum untuk kembali ke rumah dan kecepatan pitch dan kehalusan gimbal. Di bagian depan mode penerbangan otomatis dapat menawarkan sejumlah kecil 'Quick Shoot' termasuk dronie, roket, lingkaran, dan heliks, tetapi tidak ada mode follow me setidaknya untuk saat ini.

Ketiadaan Sensor Rintangan

Mengingat untuk mempertimbangkan ukuran dan beratnya yang optimal, maka tentunya ada sesuatu yang di korbankan, dan tentu saja, DJI telah memutuskan untuk tidak memberikan Mavic Mini fitur sensor untuk menghindari rintangan penerbangan. Selama anda tidak menerbangkannya secara ugal-ugalan, maka anda seharusnya tidak memiliki masalah untuk menerbangkan Mavic Mini apa adanya.

Apa yang Ada di Dalam Kotak?

Paket dasar yang tersedia termasuk pengontrol yang sangat sederhana yang dilengkapi dengan dudukan ponsel untuk melihat streaming rekaman dari kamera, tombol on / off dan tombol 'back to home', roda gimbal yang halus untuk mengontrol ketinggian kamera, dan tombol untuk mengambil foto dan video.

Anda juga mendapatkan satu baterai, charger, sepasang alat peraga cadangan dan stik kontrol, ditambah beberapa kabel ponsel berbeda untuk iPhone atau perangkat Android. Namun, dengan menambah sedikit budget, anda dapat memiliki Fly More Combo yang mencakup tas jinjing herringbone, empat baterai, pengisi daya untuk pengisian empat baterai sekaligus dan pelindung baling-baling untuk terbang di dalam ruangan.

Putusan Final

Jika anda sedang mencari kamera drone berkualitas tinggi tetapi memiliki budget terbatas, maka DJI Mavic Mini adalah pilihan untuk anda. Dengan ukuran yang luar biasa kecil dan portabel, sangat stabil dan dapat diandalkan dalam penerbangan, sangat mudah dikendalikan serta mampu merekam cuplikan sinematik yang sangat bagus. Maka tidak banyak pilihan lain di luar sana yang selengkap DJI Mavic Mini. Dapat dikatakan DJI Mavic Mini adalah salah satu drone terbaik yang ada saat ini.

Komentar

Loading...