Diterjang Air Bah, Jembatan di Aceh Utara PutusĀ 

Diterjang Air Bah, Jembatan di Aceh Utara Putus 

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com -Jembatan baja penghubung antar kecamatan Geureudong Pase dan Tanah Luas, Aceh Utara tepatnya di kawasan Buket Makarti hancur dihantam banjir bah, Sabtu (12/12/2020) dinihari. 

Akibatnya, akses transportasi kedua kawasan pedalaman tersebut terputus. Sebelumnya warga setempat sudah mengingatkan pemerintah kabupaten bahwa kondisi jembatan sudah mulai rusak beberapa hari lalu karena dihantam banjir pada awal Desember lalu
 
“Jembatan tumbang semalam sekitar pukul 1.00 WIB, saat air arus sungai sangat deras, sebelumnya kami sudah kabarkan jembatan sudah miring saat banjir pertama awal Desember lalu,” jelas Muzammil, Geuchik Gampong Buket Makarti.

Sementara itu, Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto melalui  Danramil Geureudong Pase, Kapten Inf Lisker Malau menduga , jembatan ambruk antara pukul 01.00 WIB  sampai pukul 05.00 WIB.

Ia juga membenarkan pada banjir parah beberapa hari lalu, pondasi jembatan baja tersebut mulai bergeser akibatnya sejak itu, tidak ada lagi kendaraan yang berani lewat. Kalaupun ada , saat air sungai surut.

Menurutnya, jembatan itu menghubungkan tiga kecamatan, yaitu Gampong Darussalam, Geureudong Pase, dengan Dusun Leubok Klit, Gampong Balee Blang, Meurah Mulia dan Gampong Buket Makarti , Kecamatan Tanah Luas.

Saat ini pihaknya sedang berupaya memberikan logistik kepada warga kawasan terisolir tersebut. Ia berharap warga tidak panik, karena distribusi logistik sedang diupayakan.

“TNI bekerjasama dengan sejumlah jajaran sedang berupaya menyalurkan logistik dari jalur darat dari kawasan Meurah Mulia dan Tanah Luas, agar masyarakat yang terisolir terpenuhi kebutuhannya,” pungkas Malau.

Komentar

Loading...