Dinkes Aceh Selatan Gelar Pertemuan Surveilans, Pastikan Tidak Ada Kasus COVID-19

Dinkes Aceh Selatan Gelar Pertemuan Surveilans, Pastikan Tidak Ada Kasus COVID-19
Pertemuan lintas sektor surveilans Covid-19 yang berlangsung di Aula Farmasi Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Kamis (4/11) lalu. (Foto: Dinkes Aceh Selatan)

TAPAKTUAN - Dinas Kesehatan Aceh Selatan mengadakan pertemuan lintas sektor surveilans Covid-19 untuk kembali memastikan ada tidaknya kasus terkonfimasi Covid-19 di wilayah Aceh Selatan. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Sri Milda mengatakan pertemuan itu diadakan untuk menguatkan kembali tugas dari seluruh Tracer yg ada di seluruh Puskesmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar benar-benar memastikan bahwa tidak ditemukannya kasus terkonfirmasi Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir di Aceh Selatan. 

"Pertemuan kita itu untuk penguatan kembali tugas dan fungsi tracer untuk melacak kasus terkonfirmasi ataupun menjaring suspek di lapangan apakah benar-benar tidak ada atau ada, tapi belum ditemukan. Agar daerah kita dipastikan aman dari covid19," ucap Sri Milda saat dihubungi anteroaceh.com, Sabtu (6/11/2021) 

Kegiatan dihadiri oleh seluruh kepala puskemas dan penanggungjawab surveilans puskesmas, perwakilan  masing-masing Babinsa dan juga perwakilan masing-masing Bhabinkamtibmas dari seluruh Koramil dan Polsek di Aceh Selatan. (Foto: Dinkes Aceh Selatan)

Kemudian lagi, sebutnya kegiatan yang berlangsung setengah hari tersebut dihadiri oleh 90 peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan penanggungjawab surveilans puskesmas di Aceh Selatan, perwakilan  Babinsa dan perwakilan Bhabinkamtibmas dari seluruh Koramil dan Polsek di Aceh Selatan. 

Hal itu, sebut Milda juga dilakukan pihaknya karena data kasus terkonfirmasi COVID-19 di Aceh Selatan mengalami penurunan drastis dalam sebulan terakhir. 

"Mungkin penurunan tersebut juga dampak dari peningkatan vaksinasi di masyarakat," tuturnya lagi 

Walaupun situasinya saat ini demikian, pihaknya tetap berharap kepada seluruh petugas tracer di Kecamatan untuk benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya, melakukan penjaringan baik di rumah sakit, puskesmas maupun ditengah masyarakat. 

"Kami juga berharap masyarakat bisa bekerjasama dengan petugas di lapangan untuk memeriksakan dirinya jika memang mengalami gejala-gejala covid19 yang seperti selama ini sudah kita ketahui agar cepat kita temukan, cepat kita antisipasi pencegahannya," pungkas Sri Milda.

Komentar

Loading...