Dinkes Aceh Selatan Bantah Ada Nakes Lumpuh Usai Vaksin 

Dinkes Aceh Selatan Bantah Ada Nakes Lumpuh Usai Vaksin 
Plt Kadis Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita. Foto: Dok. anteroaceh.com

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita membantah adanya tenaga kesehatan (Nakes) mengalami kelumpuhan pasca mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. 

Menurut Novi, apapun jenis imunisasinya termasuk imunisasi vaksin Covid-19 itu wajar jika adanya efek medik setelahnya, hal itu diduga berhubungan dengan imunisasi atau bisa disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dengan efek ringan sampai dengan efek serius seperti yang dialami nakes bernama Leeni Marwina (32) dari Puskesmas Sawang. 

"Jadi dia merasa kebas seluruh tubuh seperti tangan dan kaki, bukan lumpuh tapi masih bisa digerakkan, walaupun untuk bergeraknya agak berat dan butuh bantuan orang lain, " ucap Novi Rosmita saat dihubungi anteroaceh.com, Rabu (7/4/2021). 

Kemudian lagi, sebut Novi dari total 1.962 nakes di Aceh Selatan yang sudah menerima imunisasi vaksin Covid-19,  ada sekitar tiga nakes yang mengalami kejadian KIPI serius termasuk salah satunya Kepala Puskesmas Kluet Timur yang efeknya langsung dirasakan pada pemberian vaksin Covid-19 tahap pertama. 

Namun demikian, dua diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan sudah kembali bekerja seperti biasa setelah mendapatkan penanganan medis.  

Ia mengatakan KIPI bisa muncul karena faktor psikologis pasien yang belum siap ketika akan di vaksin. 

"Jadi tinggal satu pasien lagi yang belum kita lakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI), karena baru saja berembuk dengan keluarga dan mereka setuju. MRI dilakukan untuk memastikan apakah memang kena syaraf motoriknya atau bagaimana," ucapnya. 

Dikatakan Novi, Leeni juga telah mendapatkan perawatan medis di RSUDYA dan masih dalam pemantauan tim medis. Kemudian besok pagi, ia juga akan dirujuk ke dokter syaraf di RSUDZA untuk dilakukan scan MRI. 

"Karena dia perlu MRI ke Zainal Abidin, jadi didampingi oleh tim Dinkes Aceh Selatan itu besok pagi mungkin insha allah kita konsulkan ke dokter syaraf di RSUDZA sekalian pemeriksaannya," pungkas Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Novi Rosmita.

Komentar

Loading...