Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dinkes Abdya Belum Miliki Racun Hama Lalat

Dinkes Abdya Belum Miliki Racun Hama Lalat
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Safliati, SST. M.Kes. Foto: Ilyas

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengaku belum memiliki racun untuk menangkal hama lalat yang mengerumuni kompleks Pendidikan Padang Merante, Kecamatan Susoh.

Baca: Lalat Serang Komplek Pendidikan Padang Merante di Abdya

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya, Safliati, SST. M. Kes, saat dikonfirmasi ANTEROACEH.com, Selasa (8/10/2019).

"Benar, hama lalat sedang melanda komplek pendidikan Padang Merante. Bahkan kemarin sampai hari ini kita juga ada buat acara di SMP Korea dan kami melihat memang luar biasa banyak lalatnya," kata Safliati.

Namun ia mengaku, saat ini Dinkes belum memiliki alat atau obat untuk pencegahan lalat-lalat tersebut. Hanya saja, kata dia, yang ada di Dinkes alat fogging.

"Kalau fogging tidak bisa, karena fogging itu hanya untuk nyamuk kecil saja, kalau pun dilakukan fogging lalat itu tidak akan mati," jelasnya.

Bahkan, kata dia, pihaknya juga sempat khawatir saat menggelar acara di sekitar lokasi sebab lalat-lalat itu memang sempat hinggap ke meja dan membuat tidak nyaman.

"Dulu orang Perkim juga pernah meminta obat lalat kepada kami, tapi tidak kami berikan, karena memang obatnya tidak ada sama kita," sambung Safliati.

Untuk saat Dinas Kesehatan hanya bisa menghimbau agar masyarakat sekitar dan mahasiswa yang tinggal di Kampus Perguruan Tinggi Abdya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Kalau dampak dari hama lalat itu bisa diare, muntah, sakit perut. Mengenai solusi kita hanya itu saat ini, agar masyarakat dan adek-adek mahasiswa yang tinggal di kampus untuk menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya.

Komentar

Loading...