Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dinas Kesehatan Gayo Lues Fokus Upayakan Kapitasi 100%

Dinas Kesehatan Gayo Lues Fokus Upayakan Kapitasi 100%

BLANGKEJEREN, ANTEROACEH.com – Dalam rangka mengevaluasi kinerja Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan mengadakan Pertemuan Evaluasi Hasil Penilaian Kapitasi Berbasis Komitmen (KBKP), Selasa (23/6).

BPJS Kesehatan bersama dengan Puskesmas yang ada di Kabupaten Gayo Lues mengadakan pertemuan evaluasi KBKP demi terciptanya mutu pelayanan yang lebih baik kepada setiap Peserta JKN-KIS, di Gayo Lues.

Puskesmas sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam pelayanan kesehatan kepada peserta, sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik. BPJS Kesehatan juga wajib memberikan jaminan bahwa peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik guna terwujudnya kepuasan Peserta JKN-KIS.

“Terimakasih kepada BPJS Kesehatan yang telah melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi ini, karena kegiatan ini penting dalam peningkatan kualitas pelayanan di FKTP. Sealain itu kegiatan ini memantau kinerja FKTP di lapangan. FKTP juga harus mengikuti setiap aturan yang berlaku agar hasil kinerja bisa menjadi lebih sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues Purnama Abadi.

“Dalam kegiatan ini kita juga mengikutsertakan seluruh personel di FKTP yang terlibat dalam implementasi KBKP yaitu Kepala Puskesmas, Dokter, Petugas P-Care dan Petugas Penunjang Prolanis dengan tujuan agar semuanya paham dan satu suara untuk mendukung peningkatan kinerja puskesmas”, tambah Purnama.

Indikator KBKP yang harus dicapai oleh setiap faskes tingkat pertama termasuk puskesmas adalah angka kontak (AK) yang dilihat dari pemanfaatan pelayanan primer di FKTP oleh peserta JKN terdaftar, rasio rujukan rawat jalan non spesialistik (RRNS) untuk mengetahui kualitas pelayanan di FKTP sehingga sistem rujukan terselenggara sesuai indikasi medis dan kompetensi FKTP, serta rasio peserta prolanis rutin berkunjung (RPPB) ke FKTP untuk mengetahui kesinambungan pelayanan penyakit kronis.

“Komitmen pelayanan menjadi pertimbangan pembayaran tarif kapitasi oleh BPJS Kesehatan kepada faskes tingkat pertama sesuai dengan Permenkes Nomor 52 Tahun 2016 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Program JKN-KIS. Oleh karena itu, sistem KBK memang mengharuskan setiap FKTP untuk mencapai kinerja secara maksimal agar pembayaran kapitasi dapat dibayarkan penuh 100% dan hal tersebut harusnya sejalan dengan meningkatnya kualitas layanan di faskes tingkat pertama,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan di empat Kabupaten/Kota dalam wilayah kerjanya, yaitu Aceh Selatan, Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil.

Komentar

Loading...