Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dikepung Kawanan Gajah Liar, Satu Keluarga di Bener Meriah Terpaksa Dievakuasi

Dikepung Kawanan Gajah Liar, Satu Keluarga di Bener Meriah Terpaksa Dievakuasi

TAKENGON, ANTEROACEH.com – Hamdani Ibrahim (43) beserta istri dan dua anaknya terpaksa dievakuasi dari rumahnya yang terletak di Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah karena dikepung kawanan gajah liar, Rabu (16/10/2019).

Camat Pintu Rime Gayo, Eddy Irwansyah Putra mengatakan keluarga Hamdani dievakuasi ke rumah saudaranya di Kampung Blang Rakal dalam Kecamatan yang sama.

Eddy mengatakan kawanan gajah sebelumnya telah mengepung pemukiman warga di Kampung Pantan Lah sekitar lima hari yang lalu, seiring pengepungan tersebut kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah sekitar 30 ekor itu memporak-porandakan tanaman warga dan juga menghancurkan empat rumah warga di kampung tersebut.

“Akibat amukan Abang Kul –sebutan gajah oleh warga setempat—empat keluarga sudah terpaksa mengungsi ke rumah sanak famili mereka,” ujar Camat. 

Rumah warga yang dirusak kawanan gajah di Bener Meriah. Foto: Istimewa

Selain itu kawanan gajah juga merusak tanaman warga di Kampung Negeri Antara. Akibatnya tiga rumah warga rusak parah dan satu keluarga terpaksa harus dievakuasi. 

Saat ini kata Camat pihaknya bersama pihak terkait sudah mengupayakan penggiringan kawanan gajah ke habitatnya dengan menggunakan metode peledakan mercon.

“Sedangkan untuk penanggulangan jangka panjang, kita berharap segera diselesaikannya proyek penggalian parit pembatas antara ring road  gajah dan pemukiman masyarakat yang sudah terealisasi sekitar 70 persen,” kata Eddy.

Selain itu, Eddy juga berharap disediakannya satu kawasan yang nantinya kawasan tersebut ditetapkan menjadi kawasan gajah.|| ROBBY

Komentar

Loading...