Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dewantara Juara Festival Seumapa Aceh Utara

Dewantara Juara Festival Seumapa Aceh Utara

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Tim Kecamatan Dewantara berhasil meraih juara satu dalam event Festival Seumapa se-Aceh Utara  yang berlangsung di lapangan bola kaki, Bayu, Syamtalira Bayu, Aceh Utara pada Minggu (22/12/2019) malam.

Tim tersebut berhak mendapat piala tetap, tropi dan uang pembinaan sebanyak Rp 5 juta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, hadiah diserahkan langsung oleh asisten III, Drs Adami yang mewakili Bupati Aceh Utara.

Sedangkan juara dua diraih tim  Seunudon, mendapat piala dan uang pembinaan sebanyak Rp 4 juta, juara tiga tuan rumah yaitu Syamtalira Bayu, mendapat hadiah berupa piala dan uang Rp 3 juta. Sedangkan harapan 1, Kecamatan Matangkuli, Harapan 2  Kecamatan Lapang dan harapan 3 Baktia.

Panitia pelaksana, Tgk Bantaruddin menjelaskan festival perdana yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara tersebut berlangsung sukses dan meriah hingga final tadi malam. Ribuan masyarakat sangat antusias mengikuti festival budaya tradisi Aceh yang nyaris punah tersebut.

Tidak hanya itu,  penampilan 11 tim perwakilan kecamatan yaitu Matangkuli, Tanah Pasir, Dewantara, Seunuddon, Baktia. Kuta Makmur, Syamtalira Bayu, Nibong, Lapang, Paya Bakong dan Lhoksukon, sangat seru, sejak malam pertama hingga final.

“Ini awal baik sebagai bentuk pelestarian seni budaya Aceh, dan ke depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara akan menggelar kegiatan serupa bahkan rencananya akan dijadikan agenda rutin dinas,” sebutnya.

Sementara itu Asisten III Pemkab Aceh Utara Drs Adami menyampaikan pesan, agar festival seperti Seumapa terus digalakkan terutama di kalangan generasi muda, tujuannya agar budaya Seumapa akan terus lestari sepanjang masa.| SIRAJUL MUINIR

Komentar

Loading...