Dewan Lhokseumawe Desak Pihak Terkait  Sosialisasi Vaksin Sinovac

Dewan Lhokseumawe Desak Pihak Terkait  Sosialisasi Vaksin Sinovac

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Kota Lhokseumawe mendesak pemerintah kota untuk melakukan sosialisasi Vaksin Sinovac kepada masyarakat.

Hal itu diungkap Wakil Ketua I DPRK Lhokseumawe Irwan Yusuf, Rabu (6/1/2021). menurutnya sosialisasi harus segera dilakukan seiring telah tibanya vaksin Covid-19 tersebut di Aceh pada Selasa kemarin.

Walau untuk tahap awal peruntukan vaksin untuk tenaga medis, namun pemerintah perlu memberikan pengetahuan kepada masyarakat pentingnya vaksin saat pandemi seperti saat ini. Apalagi saat ini banyak sekali muncul informasi yang terkesan vaksin tersebut berbahaya dan bisa menimbulkan persoalan baru.

“Masyarakat kita masih sangat awam tentang vaksin Sinovac, jadi sebelum direalisasikan masyarakat harus diberi pencerdasan . Sehingga nanti tidak terjadi penolakan dari masyarakat,” jelas Irwan Yusuf.

Menurutnya, tidak hanya sosialisasi, tenaga medis yang akan memberi vaksin juga harus mendapat pelatihan. karena pihaknya juga belum mendapat kabar dari dinas terkait, bahwa tenaga medis telah dibekali tentang itu.

“Yang paling berkompeten dalam sosialisasi ini adalah dinas kesehatan, juga perangkat gampong kemudian pemuka agama. Semua mereka adalah ujung tombak sukses tidaknya vaksinasi nantinya,”jelas politisi Gerindra tersebut.

Ia juga mendesak Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Lhokseumawe ikut berperan aktif dalam aksi sosialisasi nantinya. Bila perlu, para ulama  mengeluarkan fatwa tentang vaksin tersebut. Dengan demikian tidak ada keraguan dari masyarakat.
Untuk diketahui,  14 ribu dosis vaksin Sinovac sudah tiba di Bandara SIM sejak Selasa kemarin. Vaksin gelombang pertama untuk Aceh tersebut nantinya akan diberikan kepada tenaga medis di seluruh Aceh. Sedangkan total jatah vaksin untuk Aceh sebanyak 26 ribu lebih dosis.

Komentar

Loading...