Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Derita Gagal Ginjal, Warga Samadua Ini Ajak Masyarakat Jalani Pola Hidup Sehat

Derita Gagal Ginjal, Warga Samadua Ini Ajak Masyarakat Jalani Pola Hidup Sehat

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Fungsi ginjal pada tubuh manusia sangat penting. ginjal memiliki fungsi menyaring limbah-limbah berupa kelebihan garam, urea, limbah nitrogen yang berasal dari proses metabolisme sel, dan juga racun-racun yang mampu membahayakan tubuh.

Selain sebagai filter, ginjal juga memiliki fungsi-fungsi lain yang sangat penting, yaitu menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah, mengatur produksi dan keseimbangan asam basa (pH) di dalam tubuh.

Perilaku hidup dengan pola makan yang tidak sehat dan malas berolahraga bisa menyebabkan diabetes, atau asam urat dan hipertensi bisa memicu potensi penyakit gagal ginjal.

Sepeti yang dialami oleh Said Abubakar (77) warga Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan yang merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ia harus menjalani cuci darah akibat pola hidup yang tidak sehat yang ia jalani selama ini.

Perilaku makan makanan yang manis dan tidak berolahraga telah menyebabkan Said menderita penyakit diabetes dan telah memicu penyakit gagal ginjal.

“Pada saat menjalani pemeriksaan di rumah sakit, ternyata diketahui saya mengalami gagal ginjal kronik dan harus menjalani cuci darah, kejadiannya sekitar 2 tahun yang lalu. Alhamdulillah, berkat adanya program JKN-KIS saya bisa mendapatkan pelayanan yang sangat baik selama menjalani perawatan medis,” ungkapnya yang ditemui sedang menjalani proses cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah dr Yulidin Away, Tapaktuan saat diwawancari tim Jamkesnews, Rabu (19/2/2020).

Ia juga menyampaikan syukur sebab selama ini ia bisa mendapatkan pelayanan yang baik berkat JKN-KIS dan ia juga berterimakasih untuk peserta JKN-KIS lainnya yang tanpa disadari, dengan iuran yang mereka bayarkan telah membantu pengobatannya sehingga bisa secara rutin menjalani cuci darah.

“Saya selalu berharap dan selalu mendoakan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia peserta JKN-KIS, Pemerintah, BPJS Kesehatan, penyedia layanan kesehatan dan seluruh pihak yang turut mendukung kesuksesan jalannya program JKN-KIS selalu diberikan kemudahan dan kekuatan dalam menjaga keberlangsungan program ini karena melalui program ini akses masyarakat dalam memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan menjadi lebih mudah dan terjamin,” ujar Said.

Dalam kesempatan itu ia juga menghimbau seluruh masyarakat agar menjalalani pola hidup sehat, dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga agar selalu sehat dan tidak merasakan seperti apa yang dia alamin.

Komentar

Loading...