Dayah Mudi Mesra Luncurkan Bank MUDI

Dayah Mudi Mesra Luncurkan Bank MUDI

BIREUEN - Dayah Mudi Mesra Samalanga meluncurkan Bank MUDI sebagai terobosan baru tempat penyimpanan uang khusus santri, Senin (16/8/2021)

Selain santri, Bank tersebut juga diperuntukkan bagi dewan guru dan pengurus Mudi dengan menggunakan akad qaradh yang direkomendasikan oleh Abu dan Lajnah Bahtsul Masail Dayah Mudi Mesra.

"Bank Mudi dikhusus untuk internal saja, karena fasilitas yang ada juga tidak memungkinkan untuk melayani nasabah dari luar," ungkap Manager Bank MUDI, Tgk. M. Haris Hasbullah dalam keterangan yang diterima anteroaceh.com

Sebenarnya, sebut Haris tempat itu disiapkan untuk menampung kebutuhan santri untuk menyimpan uang di tempat yang aman karena bilik/kamar yang tersedia belum memadai. Sebab itulah dinamakan Bank dalam pengertian tempat simpan uang saja.

Dikatakannya, dulu para santri masih menggunakan metode lama dengan mengambil kembali uang yang disimpan pada seorang pengurus, baru kemudian berbelanja di koperasi.

"Dengan adanya Bank MUDI pelayanan pembayaran/pengambilan uang santri dapat langsung dengan berbelanja," terangnya.

Terkait masalah izin, dikatakan Haris setelah pihaknya bertanya kepada pihak yang dianggap berkompeten dalam bidang Bank, bahwa jika yang pihaknya lakukan hanya sebatas ini, maka belum perlu mengajukan izin yang lebih luas.

Bank MUDI resmi beroperasi di komplek Dayah Mudi Samalanga setelah dilakukan peusijuk pengurus dan kantor serta penandatanganan akad Bank MUDI antara nasabah dan pengurus Bank MUDI yang diawali oleh Abu dan Wadir.

Dalam acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Wadir I Abi H. Zahrul Mubarrak , Wadir II Aba H. Sayed Mahyiddin, Wadir III Abiya H. Muhammad H. Mukhtar, Bendahara Tgk. Sulaiman M. Daud dan seluruh Pengurus serta Guru LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga.

Komentar

Loading...