Darwati Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir di Aceh Besar

Darwati Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir di Aceh Besar

JANTHO, ANTEROACEH.com – Anggota DPRA, Darwati A. Ghani terjun langsung ikut membantu evakuasi wanita hamil dan anak-anak terjebak banjir di kawasan Keutapang, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Jum’at (8/5/2020)

“Kita tadi sudah mengavakuasi warga yang masih bertahan di rumah yang terjebak banjir, diantaranya termasuk anak-anak dan wanita hamil,” kata Darwati.

Ia mengatakan ketinggian air disana mencapai 1,2 meter atau sedada orang dewasa. Para warga itu diungsikan ke gedung SD Keutapang.

Selain itu, Darwati mengunjungi di kawasan kompleks perumahan Gampong Neuheun dan Gampong Labuy Kecamatan Mesjid Raya. Disana air yang turun dari gunung turut membawa meterial batu yang dapat merusak perumahan.

“Berdasarkan laporan bahwa air yang tak berhenti turun dari pengunungan ikut menbawa serta batu gajah dan bebatuan lainnya yang dikhawatirkan akan menghantam dinding rumah warga Kompleks Budha Suci, Kompleks Jacky Chen di Gampong Neuheun, dan Kompleks Arab Chariry di Labuy,” imbuh Darwati.

Hal tersebut, sambung Darwati, juga tak dapat dipungkiri akibat pemotongan kayu HTI di atas pengunungan Labuy dan Neuheun yang tak henti-hentinya dilakukan.

“Juga tak dapat dipungkiri akibat pemotongan kayu HTI di atas pengunungan Labuy dan Neuheun serta Ujong Batee dan pengambilan batu galian c yang terjadi secara luas dan continue terjadi sejak pasca tsunami hingga hari ini,” ujarnya.

Darwati juga mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Feofisika (BMKG), bahwa wilayah Kota Banda Aceh masih dalam potensi hujan lebat. Maka dari itu Darwati mengajak semua masyarakat untuk waspada.

“Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh masih dalam potensi cuaca hujan lebat, hujan petir, angin kencang dan gelombang tinggi. Untuk itu kita patut waspada dan siaga serta tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Bala ta saba nikmat ta syuko, di sinan le ureung akan bahagia,“ pungkas Darwati.

Komentar

Loading...