Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dandim Aceh Selatan Tangkap Tangan Dua Pelaku Pembakaran Lahan

Dandim Aceh Selatan Tangkap Tangan Dua Pelaku Pembakaran Lahan

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf R. Sulistiya Herlambang HB menangkap tangan dua pelaku pembakaran lahan di Kecamatan Kluet Tengah, Senin (24/2/2020) sore.

Keduanya tertangkap tangan saat Dandim sedang melakukan peninajauan lokasi munculnya titik api di Kecamatan Kluet Tengah.

Adapun palaku yakni ZK (30) dan AH (48) keduanya merupakan warga Gampong Simpang Tiga, Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan.

Setelah mengamankan pelaku pembakaran Dandim bersama Danposramil 11/Kluet Tengah Serma Zaini Dahlan Harahap dan pemilik lahan serta sejumlah masyarakat setempat berupaya memadamkan api.

“Beruntung api dapat kita padamkan pada saat itu, sehingga api tidak merambat ke lahan yang lainnya,” ungkap Dandim, Selasa (25/2).

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua palaku pembakaran hutan diserahkan oleh Dandim ke Polsek Kluet Tengah.

“Yang bersangkutan sudah kita serahkan ke Polsek untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, karena jelas meraka berdua telah melakukan perbuatan yang melanggar hokum,”ucap Dandim.

Di kantor polisi ZK dan AH mengaku tidak mengetahui adanya larangan tidak boleh membuka lahan dengan cara membakar.

Herlambang juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. “Mari sama-sama kita saling menjaga lingkungan alam sekitar kita,” ajaknya.

Sementara itu, Kapolsek Kluet Tengah Iptu Jamaluddin saat dikonfirmasi, membenarkan adanya dua orang warga yang diserahkan oleh Dandim 0107/Aceh Selatan karena kedapatan malakukan pembakaran hutan.

“Ini akan kita tindaklanjuti demi memberikan efek jera bagi yang telah melanggar hukum. Atas arahan pak Dandim, kita akan lakukan pembinaan terhadap kedua pelaku,” jelas Kapolsek.

Komentar

Loading...