Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dana Penanganan Korona di Aceh Utara dari Provinsi

Dana Penanganan Korona di Aceh Utara dari Provinsi
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Pemkab Aceh Utara gencar melakukan sosialisiasi dan penanganan penyebaran Covid 19 hingga ke pelosok desa. Sedangkan dana untuk penanganan pandemi virus dibebankan ke  provinsi.

“Untuk segala kebutuhan anggaran penanganan wabah korona di Aceh Utara  bersumber dari dana provinsi, dan sejauh  ini belum menggunakan anggaran dari APBK,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin,  Kamis (19/3/2020).

Namun, bila nantinya amprahan kebutuhan tidak tertangani lagi oleh pihak provinsi, makanya pihaknya akan mengajukan dana tambahan ke bupati  dari pos tanggap darurat sumber APBK Aceh Utara.

Terkait penanganan di tingkat kecamatan, Amir menerangkan, pihaknya menunjuk empat petugas yang sebelumnya telah dibekali pengetahuan tentang Korona. Petugas tersebut disiagakan di masing-masing Puskesmas.

“Untuk tahap awal ini, petugas diterjunkan untuk mensosialisasikan bahaya Korona ke masyarakat secara mobiler dengan ambulance,  memakai pengeras suara,” terang Amir.

Ia juga menghimbau, bagi masyarakat yang merasa menderita flu, peradangan di saluran pernapasan agar segera mendatangi petugas Puskesmas untuk menjalanin pemeriksaan. Nanti petugas akan mengambil tindakan lanjutan, bila hasil pemeriksaan menunjukkan gejala-gejala mirip Korona, seperti merujuk pasien ke RSUD Cut Meutia.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Andre saat dihubungi mengaku saat ini RSUD Cut Meutia baru menangani 1 pasien rujukan dari rumah sakit Aceh Tamiang. Pasien tersebut saat ini masih menjalani isolasi dan menunggu hasil lab dari Litbangkes Jakarta.

“Gejala pasien itu mirip penderita korona, namun pastinya kita harus menunggu hasil uji sampel darah dari Litbangkes di Jakarta,” sebut Andre.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...