Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Dampak Banjir di Aceh Utara, Petani  Merugi Ratusan Miliar

Dampak Banjir di Aceh Utara, Petani  Merugi Ratusan Miliar
Petani di kawasan Baktia, Aceh Utara  mengangkut gabah  terendam air akibat banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Banjir besar melanda Aceh Utara sejak awal Desember hingga kini sangat berdampak terhadap sektor pertanian. 13.335 hektar sawah dikabarkan gagal panen, dengan kerugian petani capai Rp 114 miliar lebih.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara Erwandi, Selasa (15/12/2020) menyebutkan, kerugian tersebut dihitung berdasarkan hasil panen dengan luas rata- rata 260 hektar, produktifitas maksimal lima ton. dikalikan dengan harga gabah Rp 4.800 per Kg.

“Sesuai kalkulasi tanaman padi yang belum panen kita hitung berdasarkan jumlah modal  yang dikeluarkan petani sebelum banjir, hasil kerugian mencapai Rp114 Milyar lebih," kata Erwandi.

Kondisi tersebut terjadi di hampir seluruh kecamatan yang terkena banjir yaitu di 16 kecamatan. Area paling luas di Baktia dan Baktia Barat, mencapai 5.114 hektar lebih.

Menurutnya, padi yang sudah masuk masa panen, serta yang baru disemai semua tersapu banjir. Parahnya lagi banyak juga padi yang sudah dipanen, ikut terkena banjir dan membusuk. Sehingga tidak bisa dikonsumsi petani.

“Mencakup wilayah Aceh Utara pada umumnya saat ini sudah memasuki musim tanam rendengan, bahkan yang sedang persemaian saja mencapai 5.243 hektar, tapi wilayah yang sedang panen lebih sedikit dari area sawah yang baru masuk masa semai,” ujar Erwandi.

Akibat banjir ini stok gabah di masyarakat sangat kurang. ini kerugian paling besar yang dialami petani sejak beberapa tahun terakhir akibat bencana alam.

Masih menurutnya, banjir besar tempo hari juga berdampak pada komoditi lain, seperti tanaman jagung dan kedelai, masing-masing 95 dan tiga hektar.

Sebagai langkah membantu petani, pihaknya sudah mengajukan permohonan ke Pemerintah Aceh agar dialokasikan anggaran untuk membantu petani. Seperti bantuan olah tanah secara gratis,  bibit, pupuk dan obat-obatan.

Komentar

Loading...