Curi Jengkol, Kakek di Aceh Utara Laporkan Cucunya ke Polisi 

Curi Jengkol, Kakek di Aceh Utara Laporkan Cucunya ke Polisi 

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Gara-gara mencuri jengkol, dua pemuda di Gampong Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara dilaporkan Ilyas (60) yang tak  kakeknya sendiri ke polisi. Namun perkara itu akhirnya berhasil didamaikan oleh kepolisian, sehingga pelaku terbebas dari jerat hukum.

Kabarnya, pencurian jengkol itu  dilakukan oleh ZM (18) dan AK (29) beberapa waktu lalu di kebun kakeknya sendiri. Akhirnya pencurian diketahui korban dan keduanya diadukan ke polisi setempat.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe Iptu Yoga Panji Prasetya  Selasa (23/2/2021) menjelaskan kasus tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan karena melibatkan antara cucu dan kakeknya.

Penyelesaian secara mediasi itu dilakukan pada Senin (22/2/2021) di rumah korban di Sidomulyo diikuti oleh perangkat desa setempat dan pihak kepolisian. “Alhamdulillah perkara keluarga sudah didamaikan, dan korban sudah memaafkan aksi kedua cucunya,” jelas Kasat Reskrim.

Katanya, saat pertemuan itu  Ilyas  telah  ikhlas dan memaafkan pelaku serta tidak menuntut ganti rugi. Pelaku juga meminta maaf kepada korban dan berjanji tidak  mencuri lagi. Kemudian  keduanya telah  menandatangani  perjanjian yang harus dipatuhi dan bila melanggar akan dipolisikan kembali.

“Harapan kami, kedepannya jika ada permasalah seperti ini atau masalah lain yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat aparatur desa segera komunikasi dengan pihak Polsek terdekat dan Polsek segera menghubungi kami untuk kami tindak lanjuti dengan cepat," pinta Kasat.

Kasat juga menerangkan, hal ini dilakukan untuk menindak lanjuti instruksi Kapolres  ke jajaran agar  segera merespons program kerja Kapolri dengan menyusun program kerja, rencana aksi, dan terobosan kreatif yang Presisi alias "Prediktif, Respontabilitas, Transparasi Berkeadilan".

Dijelaskannya, upaya penyelesaian kasus ini dilakukan melalui Alternatif Dispute resolution (ADR) atau restorative justice yang memberikan solusi dialog dan penyelesaian diluar proses pengadilan bagi warga yang berada pada pihak pelaku maupun korban.

Komentar

Loading...