Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Butuh 4.766 PNS Baru, Pemkab Abdya Berharap Menpan RB Tambah Penerimaan CPNS

Butuh 4.766 PNS Baru, Pemkab Abdya Berharap Menpan RB Tambah Penerimaan CPNS
Para CPNS dilingkungan Pemkab Abdya sedang mengikuti tes SKD/Ilyas anteroaceh.com

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com -  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memprediksi akan membutuhkan empat ribu lebih Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam lima tahun kedepan, hal itu menyusul banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun.

“Menurut analisa kita, kebutuhan PNS  untuk 5 tahun ke depan mencapai 4 ribu lebih terdiri dari tenaga pendidikan 1.471 orang, tenaga kesehatan 1.470 orang dan jabatan fungsional umum untuk setiap SKPK sekitar 1.825 orang total 4.766 orang,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) drh. Cut Hasnah Nur, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, kebutuhan PNS untuk lima tahun ke depan mulai dari tahun berjumlah sebanyak 4.766 orang.

Cut Hasnah menjelaskan, banyaknya kebutuhan PNS hingga tahun 2023 disebabkan tingginya angka pensiunan dan minimnya perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama ini. 

"Pada tahun 2014 lalu, jumlah penerimaan CPNS untuk Abdya 66 formasi yang lulus hanya 44 orang, sementara jumlah pensiun dari 2014 hingga 2021 sudah mencapai 544 orang," terangnya.

Sementara ditahun 2019 lalu, sambungnya, jumlah penerimaan CPNS untuk Abdya 138 formasi tapi belum ada pengumumannya.

Cut Hasnah berharap tahun depan Kemenpan RB terus menambahkan jumlah pegawai untuk Abdya.

Cut Hasnah juga mengaku, hingga saat Pemkab masih mengalami kekurangan PNS.

Berdasarkan analisa jabatan (Anjab) dan Analisa beban Kerja (ABK), yang telah dibuat Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), sampai saat ini kebutuhan PNS mencapai 1.629 orang.

“Sedangkan untuk kebutuhan itu, kita sudah kita input dalam data e-formasi Menpan RB, baik kebutuhan guru, tenaga kesehatan maupun jabatan fungsional umum,” pungkasnya.

Komentar

Loading...