Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Buruh Kebersihan  Aceh Utara Unjuk Rasa Minta UMP Dinaikkan dan  BLT Dicairkan 

Buruh Kebersihan  Aceh Utara Unjuk Rasa Minta UMP Dinaikkan dan  BLT Dicairkan 

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Buruh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersiaan (DLHK) Aceh Utara berunjuk rasa di Kantor Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe, menuntut bupati menaikkan upah sesuai Upah Minumun Provinsi (UMP), Rabu (14/10/2020) siang.

Para buruh berjumlah puluhan orang tersebut dan sebagian besar sebagai pekerja kebersihan, ikut membawa truk sampah ke halaman kantor bupati, dengan spanduk bertuliskan menuntut upah dinaikkan. 

Mereka berharap bertemu dengan bupati Muhammad Thaib untuk menyampaikan perihal tersebut. Namun sayang, saat berunjukrasa orang nomor satu di Aceh Utara  itu tidak berada di tempat. Sehingga para buruh hanya ditemui oleh asisten I Dayan Albar.

Salah seorang pengunjukrasa Isma Faisal  menjelaskan, upah yang mereka terima sebagai tenaga kebersihan saat ini dibawah UMP, sedangkan semua bahan pokok dan kebutuhan meningkat ditambah dalam pandemi saat ini semuanya serba mahal.

“Kami ingin sampaikan hal ini langsung ke bupati, namun tidak ada ditempat. Kami juga ingin sampaikan BLT yang dijanjikan dari BPJS Ketenagkerjaan juga belum cair, padahal sudah lama dan kami juga terimbas Covid-19,” katanya lagi.

Menurutnya,  beberapa waktu para buruh telah menjumpai petugas BPJS dan mendapat kabar, dana BLT telah dicairkan ke 200 penerima mamfaat, namun faktanya sampai saat ini belum ada, sehingga timbul pertanyaan dikalangan buruh.

Menurut mereka  BLT harus segera cair, karena  menyangkut dengan efektifitas kinerja. Upah juga  dinaikkan dan disesuaikan dengan regulasi yang ada. 

“Bagaimana kami bisa bekerja, sedangkan upah yang ada hanya cukup untuk makan beberapa hari, kami punya anak dan istri. Tolonglah,” kata pengunjukrasa.

Terkait tuntutan itu, Asisten I Dayan Albar mengaku akan segera mencari solusi dua tuntutan para buruh tersebut. Langkah awal, akan memanggil pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan soal BLT belum cair.

 “Kita segera panggil pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui persoalan dana BLT belum cair untuk para buruh. Karena seluruh petugas kebersihan di Aceh Utara telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kita akan cari solusinya,” singkat Dayan.

Usai melakukan pertemuan dengan Dayan Albar, para pengunjukrasa akhirnya meninggalkan kantor Bupati. Walau merasa kecewa tidak bertemu langsung dengan Bupati Muhammad Thaib alias Cek Mad.

Komentar

Loading...